Locations of visitors to this page HBA: IKLAN YANG MEMBUAT WANITA MENJADI RENDAH DIRI

HASAN BASRI AGUS DAN FACHRORI

HASAN BASRI AGUS DAN FACHRORI
JAMBI TEMPO DOELOE

Rabu, 15 Desember 2010

IKLAN YANG MEMBUAT WANITA MENJADI RENDAH DIRI

HBA




Bukan hanya kecantikan modelnya saja yang membuat perempuan mempertanyakan kecantikan dirinya. Gambar produk kecantikan dalam iklan juga membuat perempuan merasa dirinya harus meningkatkan kecantikannyaTak sulit untuk membuat seorang perempuan merasa "down" atau rendah diri. Hanya dengan melihat iklan produk kecantikan sudah bisa membuat seorang perempuan rendah diri. Hal ini diutarakan dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Consumer Research.

Studi tersebut mencari tahu apa dan bagaimana respon para perempuan ketika melihat sebuah obyek yang digunakan untuk meningkatkan kecantikan perempuan, misal, sepatu hak tinggi yang dipotret biasa, dibandingkan dengan yang difoto dengan gaya artistik iklan. Penelitian ini ingin mencari tahu apakah cara potret suatu obyek yang diperlakukan seperti sebuah iklan dan tidak bisa memengaruhi cara pandang seorang perempuan terhadap dirinya sendiri. Hasilnya, sepatu hak tinggi yang difoto dengan gaya artistik iklan bisa membuat seorang perempuan merasa rendah diri.

Tentunya, Anda akan berpikir foto-foto iklan dari Angelina Jolie atau Natalie Portman akan membuat perempuan merasa rendah diri. Tetapi, dari hasil studi itu, ternyata perempuan juga akan merasa rendah diri ketika melihat iklan produk kecantikan, bukan hanya foto dari model cantik dan seksi. Menurut studi ini, perempuan juga akan menilai dirinya sendiri ketika melihat iklan sebuah produk kecantikan.

Dalam 4 eksperimen yang melibatkan mahasiswa perempuan, mereka dibagi dalam 2 kategori: meningkatkan kecantikan, seperti maskara dan parfum, dan produk untuk mengatasi masalah, seperti obat jerawat dan deodoran. Satu grup ditunjukkan iklan dari kedua tipe produk, sementara grup lain ditunjukkan foto produk dari barang yang sama, tetapi bukan dalam bentuk iklan.

Para responden yang diperlihatkan produk dalam bentuk gaya iklan cenderung berpikir mengenai dirinya setelah melihat gambar itu. Mungkin terlihat bukan hal yang besar. Tetapi karena mereka langsung menilai diri sendiri usai melihat foto itu, ketika ditanyakan pertanyaan seperti, "Seberapa menarikkah Anda?" atau "Seberapa puas Anda akan tubuh Anda?", para responden ini menilai dirinya cukup rendah.

Dalam periklanan, gambar bisa menimbulkan sebuah pesan terselubung. Kehadiran sebuah syal mewah di samping sebuah lipstik baru sudah bisa mengimplikasikan sebuah kemewahan dan kelembutan.

Menurut para penulis studi ini, faktanya bahwa iklan juga menyampaikan sebuah pesan terhadap konsumen, bahwa "iklan yang menunjukkan gambar produk pendorong kecantikan (bukan pemecah masalah), lebih mungkin membuat para konsumen merasa harus meningkatkan kecantikan pada dirinya". Hal ini membuat konsumen cenderung berpikiran buruk akan dirinya sendiri.

Meski begitu, tetap saja perempuan masih melihat iklan-iklan tersebut di media-media massa. Hal ini tidak membuat penjualan menurun karena para wanita jadi sedih karena melihat iklan. Tetapi, jangan-jangan hal inilah yang memicu perempuan untuk melakukan terapi berbelanja. Karena dengan berbelanja itulah para perempuan menemukan kenyamanan akan dirinya lagi.

9 STRATEGI MEMBAHAGIAKAN DIRI SENDIRI

RADAR JAMBI: TONI.S


Menjadi bahagia adalah hak Anda. Tak perlu menunggu perasaan menyenangkan ini didatangkan oleh pihak lain. Anda bisa menciptakan rasa bahagia untuk diri sendiri. Hilangkan energi negatif dari dalam diri dengan menjalani sembilan strategi.

Anda bisa membahagiakan diri sendiri dengan strategi yang disarikan SELF dari buku The Nine Rooms of Happiness: Loving Yourself, Finding Your Purpose and Getting Over Life's Imperfections, karangan Lucy Danziger and Catherine Birndorf, MD.

1. Filter diri
Boleh jadi masa kecil atau masa remaja Anda begitu membahagiakan. Kehangatan keluarga ataupun berbagai hubungan atau peristiwa di masa lalu membuat Anda merindu masa lalu. Jika perlu Anda kembali ke masa-masa itu, karena cenderung tak menyukai keadaan saat ini. Keinginan seperti ini wajar saja muncul. Freud menyebutnya screen memories yakni bahwa kita cenderung melakukan filter atas hidup kita melalui berbagai memori di masa lalu. Berhentilah memikirkan masa lalu. Hiduplah untuk masa sekarang. Hidup Anda adalah saat ini bukan masa lalu, camkan itu agar Anda lebih bahagia.

2. Refleksi diri
Berkacalah, lihat diri Anda lebih dalam. Kenali seperti apa Anda saat ini. Minta juga pendapat orang-orang tepercaya di kehidupan Anda, tentang diri Anda. Apa yang mereka pikirkan dan rasakan, Refleksi diri mengajarkan Anda untuk mengikuti intuisi, dan bahkan mengasahnya. Kenali diri Anda dengan jujur. Kuncinya, ambil pesan positif dari diri Anda dan dari opini orang lain tentang Anda.

3. Berani berubah
Jika Anda tak menemukan bahagia dengan hubungan saat ini, atau berbagai hal seputar kehidupan Anda, pekerjaan atau apapun juga. Buatlah perubahan pada diri sendiri atau isu yang ingin Anda ubah. Jika isu menyangkut hubungan yang tak menyenangkan, cari solusinya dari diri sendiri dan hubungan tersebut. Lakukan penyesuaian, tingkatkan toleransi, perbaiki hubungan atau tinggalkan hubungan jika terasa sudah semakin tak sehat. Yang bisa Anda lakukan adalah tindakan mengubah diri sendiri dan hubungan tersebut. Artinya, Anda tak bisa membuat orang lain (dalam hubungan tersebut) berubah mengikuti cara dan keinginan Anda. Kuncinya, kebahagiaan akan Anda rasakan dengan melakukan perubahan untuk diri sendiri bukan mengubah orang lain.

4. Membangun hubungan, bukan menyatukan
Anda tentu sering mendengar, keberadaan Anda atau orang lain yang dikasihi, adalah saling melengkapi. Anda sebenarnya sudah lengkap, utuh sebagai seorang individu. Anda tak perlu dilengkapi oleh orang lain. Yang terjadi adalah, Anda dan orang lain yang menjalin hubungan, bisa kekasih, suami, sahabat, bertugas saling membangun hubungan. Tujuannya bukan saling melengkapi atau menyatukan perbedaan. Ibarat lingkaran, Anda dan orang lain adalah lingkaran utuh yang bertemu dan membentuk diagram venn. Anda dan suami misalnya, bukan menyatukan dua individu berbeda, namun saling membangun hubungan yang sifatnya tumpang tindih. Karakter Anda dan pasangan bisa saja saling bertabrakan, namun temukan kebahagiaan dari perbedaan ini dengan saling menghubungkan. Kuncinya, Anda dan orang lain yang membangun hubungan perlu saling menambal sulam, bukan saling melengkapi atau menyatukan. Apapun masalah yang Anda hadapi, dengan menerapkan cara ini, Anda akan merasa lebih bahagia karena mampu menerima kondisi dan mengatasinya dengan energi positif dari dalam diri.

5. Hentikan atau kurangi narsisme
Menjadikan diri sendiri sebagai pusat perhatian bisa diartikan negatif dan positif. Persepsi Anda terhadap diri sendiri tak sepenuhnya selalu benar. Terlalu percaya diri berlebihan dan berbangga dengan diri sendiri tak memudahkan Anda dalam menjalin hubungan, dengan siapa pun. Termasuk juga jika Anda terlalu keras terhadap diri sendiri. Dengan mengasihani diri, mengkritik diri sendiri atau hanya melihat kelemahan dalam diri. Emosi negatif yang berfokus pada diri sendiri ini juga tak lantas memudahkan hubungan dengan orang lain. Segeralah keluar dari perangkap narsisme negatif dan positif yang berlebihan, jika Anda benar-benar ingin merasakan kebahagiaan sebagai individu.

6. Berdamai dengan diri sendiri
Cobalah untuk memahami perbedaan, konflik atau berbagai ketidaknyamanan lain dalam berbagai relasi sosial dan lingkungan. Berdamailah dengan diri sendiri saat menghadapi masalah, konflik atau masa sulit. Toleransi adalah sikap yang bisa dipelajari. Latihlah sikap ini dan jangan pernah membiarkan konflik atau ketidaksepahaman berdampak buruk pada diri Anda. Buatlah diri Anda bahagia dengan mentoleransi masalah, menerimanya sebagai bagian perjalanan hidup yang harus Anda alami. Upayakan agar Anda tak menjadi lemah karena berbagai masalah.

7. Tak perlu bersandiwara
Bersikaplah jujur tanpa perlu bersandiwara. Jika Anda tak bisa menghadiri undangan pernikahan sahabat Anda, katakan alasan sejujurnya. Tak perlu mengarang cerita karena merasa tak enak menyampaikan berita tak menyenangkan tersebut. Atau Anda tak perlu berpura-pura tak ada masalah dengan teman padahal Anda menyimpan amarah. Yang akhirnya membuat Anda kerapkali membatalkan janji atau merancang rencana palsu, untuk menghindar darinya. Sandiwara sangat mungkin terjadi kapan saja dan selalu ada celah untuk melakukannya dalam kehidupan Anda. Terutama ketika Anda dihadapkan pada situasi yang berhubungan dengan atasan, orangtua, kakak atau siapapun yang lebih punya kuasa atas diri Anda.

8. Batasi diri
Apakah Anda termasuk tipikal individu yang senang membantu orang lain tanpa pamrih? Orang terdekat Anda bahkan sudah sangat hafal dengan sifat Anda yang terlalu baik ini. Jika Anda bertemu orang yang tepat, tak jadi soal. Justru orang yang mampu melihat sisi buruk dari imej ini akan mengingatkan Anda untuk membatasinya. Tetapi hal ini tidak akan terjadi pada orang lain yang akan memanfaatkan kebaikan tulus dari dalam diri. Jadi, Anda lah yang harus membatasi diri. Tak ada yang salah dengan sifat penolong dan baik hati, namun cobalah melatih membatasi diri. Anda memiliki batasan. Anda tak selamanya bisa menolong orang lain, meskipun Anda akan mengupayakannya. Tetap saja, jangan pernah biarkan orang lain memanfaatkan sisi baik dari dalam diri ini.

9. Buatlah keputusan
Apapun masalah yang Anda hadapi, buatlah keputusan untuk mengakhiri ketidakpastian dan menciptakan kebahagiaan. Anda berhak menunda keputusan yang juga adalah pilihan keputusan. Atau Anda bisa membuat pilihan untuk menyatakan sikap dan melanjutkan kembali perjalanan Anda. Selalu ada dua pilihan dalam hidup bukan? tentukanlah pilihan, menjalani apa yang ada sekarang ini atau berkembang dengan membuat keputusan yang membuat keadaan menjadi berbeda.

TIGA KESALAHAN PEREMPUAN SAAT BERCINTA

RADAR JAMBI: TONI.S






Untuk berhubungan intim dengan pasangan, Anda memang harus membuat diri Anda senyaman mungkin. Namun, Anda juga harus berani keluar dari zona nyaman Anda. Apa misalnya? Hanya berhubungan seks apabila diminta, karena Anda risih jika harus mengajaknya lebih dulu. Atau, Anda berpikir bahwa karena ia suami Anda, otomatis ia akan menerima diri Anda apa adanya, termasuk ketika penampilan Anda begitu lusuh.

Boleh saja Anda sesekali melakukannya, tetapi jangan dibiarkan jadi kebiasaan. Sebab, hal itu akan membuat Anda berdua cepat bosan. Anda juga harus memiliki peran dalam aktivitas bercinta ini. Jadi, tanyakan kepada diri Anda: apa yang bisa Anda lakukan untuk membuat si dia bahagia.

Pakar seks dan terapis keluarga, Dr Jane Greer, mengatakan, setidaknya ada tiga kesalahan yang dilakukan perempuan di tempat tidur:

1.Memakai daster lusuh atau piyama
Daster batik yang lusuh memang merupakan outfit yang paling nyaman digunakan untuk tidur. Namun, untuk sesi bercinta yang hebat bersama pasangan, daster lusuh adalah the biggest turn-off, hal yang paling cepat membuatnya ilfil. Jika Anda memang ingin merayu dan membuat hubungan Anda lebih bergelora, simpan dulu piyama Anda yang kedodoran itu. Temukan lingerie atau setelah bra dan celana dalam Anda yang membuat Anda merasa nyaman dan seksi. Apabila Anda merasa seksi, suami pun jadi turn on.

2.Tidak mau mendahului
Pria ingin pasangannya lebih sering mengambil inisiatif. Anda tak perlu diminta untuk membuka pakaian, membuat gerakan-gerakan striptis yang disukai suami, atau meminta melakukan apa yang Anda mau. Anda bahkan tak perlu menunggu sampai pasangan Anda yang mengajak Anda untuk berhubungan intim. Tunjukkan rasa sayang Anda, seret dia ke tempat tidur, lalu perlihatkan bagaimana kemampuan Anda di atas ranjang. Wow... suami pasti sangat menikmatinya.

3.Sering mengkritik
Dalam kondisi apa pun, orang tak suka dikritik kecuali jika kritik tersebut bermanfaat untuknya. Anda akan membuat pasangan menjadi kehilangan semangat dengan cepat jika Anda hanya mengatakan apa yang tidak Anda sukai darinya. Mengapa tak langsung mengatakan apa yang Anda inginkan darinya? Hal ini akan memberikan petunjuk baginya tanpa merasa disalahkan. Tentu, Anda tetap harus memberitahunya apabila apa yang dilakukannya menyakiti area vagina Anda.

NIH JURUS BARU DI RANJANG AGAR TAK BOSAN

RADAR JAMBI: TONI.S

Ada sedikit perbedaan antara pria dan perempuan dalam hal aktivitas bercinta. Perempuan butuh pemanasan untuk memulai kegiatan "adu jurus" di ranjang. Namun, pria tak selalu butuh. Pria lebih mudah untuk bersiap menuju "gol" dari adegan bercinta, sementara perempuan cenderung butuh stimulasi yang umumnya ingin bervariasi.

Tentu akan membosankan bila kegiatan bercinta dimulai dengan langkah yang sama, seperti 1-2-3 atau a-b-c. Akan lebih menyenangkan bila aktivitas seksual diwarnai dengan keseruan atau pengalaman yang berbeda yang bisa dinikmati oleh kedua pihak. Jika si dia memiliki jurus sama, maka Anda tentu akan merasa bosan. Lalu, bagaimana caranya mengajak si dia mengubah langkah-langkah membuka sesi bercinta supaya lebih seru tanpa menyakiti perasaannya?

Dr Pam Spurr, pengarang Make Love All Night & Talk to Him in the Morning and Naughty Tricks, mengatakan, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menanyakan kepada diri sendiri apa alasan kekonservatifan dan sifat pemalunya di ranjang? Apakah karena ia merasa kurang percaya diri dalam urusan bercinta? Atau kekurangan pengalaman atau pengetahuan seputar hal seksual sebelum bertemu Anda? Ataukah masalah yang lebih kompleks, seperti ia pernah mengalami masalah seksual dengan orang lain hingga ia sulit mengeluarkan sisi sensualitasnya? Memahami alasan seseorang pemalu dan konservatif di ranjang sangat membantu untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik.

Selanjutnya, jangan pelit untuk memberikan pujian atas "jurus-jurus" si dia yang membuat Anda bergairah, baik itu hal yang sudah lama ia lakukan, modifikasinya, maupun hal terbaru. Semakin sering dipuji, semakin ia merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Katakan dengan bahasa yang halus bahwa Anda suka sentuhannya di tempat yang tak biasa pada Anda.

Cara lainnya atau lanjutannya, Anda bisa berinvestasi dengan membeli buku panduan seks, bisa dibaca bersama si dia atau tandai bagian-bagian yang ingin Anda lakukan bersamanya. Jika ia bukan tipe yang menyukai pembicaraan seputar masalah seksual, maka Anda bisa tinggalkan majalah atau buku panduan yang diberi tanda tersebut di tempat yang bisa ia lihat, tetapi tidak terjangkau anak-anak.

Bagaimana dengan Anda? Punya tips lain untuk mengajak si dia mengubah gaya kakunya dalam ber-"adu jurus" di ranjang?

RANSANG KE LIMA INDERA NYA MAKA MENYALA GAIRAH SI DIA

RADAR JAMBI: TONI.S
Mau Nyalakan Gairah Si Dia?

Hanya karena ia sudah menjadi suami Anda sekian tahun, bukan berarti Anda bisa bersantai dan tidak perlu memberinya kejutan sesekali. Ingatkan ia bagaimana seksi dan menariknya Anda dengan memberikan kejutan lewat pemanjaan kelima indranya. Manjakan kelima indranya untuk meningkatkan gairah bercintanya.

Indra penglihatan
Manjakan penglihatannya dengan menyiapkan pakaian dalam berwarna merah menyala. Jangan lupa untuk mengenakan lipstik berwarna senada. Di samping menyimbolkan gairah dan seksualitas, warna merah juga merupakan warna menarik. Menurut penelitian University of Rochester, pria melihat wanita lebih menarik ketika ia mengenakan sesuatu yang berwarna merah atau difoto dengan latar belakang berwarna merah. Tak heran, ini adalah warna yang sering diasosiasikan dengan femme fatale.

Indra penciuman
Apa hubungannya penciuman dan daya tarik seksual? Banyak. Ketika Anda menemukan aroma parfum yang seksi dan sesuai dengan karakter serta aroma tubuh Anda, si dia pasti akan kewalahan menahan gairahnya. Carilah aroma yang manis sekaligus musky (menggoda), tetapi bukan wangi yang terlalu manis seperti permen, ya. "Coba cari aroma campuran vanila, mawar, dan sandalwood," saran pembuat parfum, Virginia Bonofiglio. Kenakan pada bagian titik nadi, seperti pergelangan tangan, bagian dalam siku, bagian belakang lutut, dan leher.

Indra pendengaran
Cobalah membuat suara-suara yang seksi. Ketika menyangkut seks, terlalu "sepi" adalah salah satu komplain tersering yang diutarakan pria terhadap wanitanya. Anda tak perlu terlalu "berisik", tetapi kata-kata apresiatif atau menunjukkan bahwa ia sudah benar, seperti, "Iya, di sana, Sayang", lenguhan, atau desahan pun sudah cukup membuat si dia melihat Anda sangat seksi. Tak heran ia akan merindu waktu untuk "beradu jurus" lagi dengan Anda.

Ingin bermain lebih seru? Coba ucapkan kata-kata nakal. "Yang bikin ucapan nakal malah membuat si pria ilfil adalah ketika wanita tidak berani terlalu ekspresif," ungkap Tracey Cox, ahli seks dan penulis Super Sex. Jadi, jika Anda tipe orang yang lebih ingin terlihat "suci dan baik-baik" di muka umum, keluarkanlah sisi liar Anda di kamar tidur.

Indra peraba
Berpelukan di atas tempat tidur bisa jadi salah satu cara yang menyenangkan. Ketika tubuh Anda dan dia pepat menyatu, otak akan memproduksi hormon oksitosin, yang membuat Anda merasa sangat mencintai dia. "Meski pria tak memiliki hormon oksitosin sebanyak wanita, level mereka akan terus meningkat saat mereka merasakan sentuhan dan afeksi lebih banyak," urai Donna Raskin, penulis Good Loving.

Indra pengecap
Menyuapinya cokelat sudah menjadi hal yang sensual di matanya. Rasa cokelat itu sendiri saja sudah bisa memproduksi serotonin dalam otak. Serotonin adalah hormon yang memicu perasaan rileks dan kepuasan. "Cokelat sepertinya mampu memproduksi perasaan seperti Anda sedang jatuh cinta," ujar Scott Isaacs, ahli endokrin asal Atlanta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar