Locations of visitors to this page HBA: 5 HAL SEPELE YNG MEMBUAT KITA BAHAGIA

HASAN BASRI AGUS DAN FACHRORI

HASAN BASRI AGUS DAN FACHRORI
JAMBI TEMPO DOELOE

Rabu, 01 Desember 2010

5 HAL SEPELE YNG MEMBUAT KITA BAHAGIA

HBA


Setiap orang tentu ingin bahagia. Namun, tak semua orang paham, sesungguhnya kita tak perlu menjadwalkan liburan ke luar negeri atau menanti saat mendapatkan hadiah doorprize untuk mencapai kebahagiaan itu. Riset terbaru menunjukkan, melakukan tindakan sepele sehari-hari juga bisa membuat pikiran kita jadi lebih positif. Akibatnya, mood pun selalu bagus. Ayo, bentuk kebiasaan itu mulai dari sekarang.

Pukul 09.00: Minum teh hijau. Mereka yang minum minimal 4 gelas teh hijau dalam sehari berisiko 44 persen lebih rendah mengalami depresi. Senyawa theanine bisa mendorong produksi serotonin dan membuat kita lebih nyaman.

Pukul 12.00: Mulai proses detoks. Bawalah bekal makan siang berupa makanan yang juga bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Misalnya, buah, sayuran segar, ikan, dan gandum utuh.

Pukul 16.00: Jalan sore. Mereka yang aktif bergerak punya kadar endorfin lebih banyak. Hormon ini bisa meningkatkan mood. Lakukan jalan sore santai, setiap hari, kira-kira 20 menit.

Pukul 19.00: Asup zat besi di malam hari. Jika kita memenuhinya dari suplemen, minumlah itu saat makan malam agar penyerapannya maksimal. Apabila kita sedang mengalami gejala perimenopause, maka pastikan suplemen itu mengandung setidaknya 18 mg zat besi.

Pukul 22.00: Tulis diary. Sebelum tidur, sediakan waktu untuk menuliskan tiga kejadian menyenangkan pada hari itu. Ini akan menjadi pengingat bahwa kita adalah orang yang positif.

11 TANDA RESIKO KANKER PAYUDARA

RADAR JAMBI: TONI.S


Jangan menunggu untuk memeriksa. Lebih baik mengetahui sejak dini untuk mengantisipasi keadaan sedini mungkin.

Sebagian orang merasa baru harus memeriksakan kondisi payudaranya ketika ada seorang dari anggota keluarga terdekatnya yang terkena kanker payudara. Unsur genetis memang memungkinkan seseorang berisiko terkena kanker payudara. Namun, ternyata bukan hanya itu. Menurut International Women's Organization, ada hal-hal lain yang membuat seseorang berisiko terkena kanker payudara. Mereka adalah:
1. Belum pernah melahirkan atau tidak melahirkan sampai berusia 30 tahun.
2. Masa kehamilan, khususnya masa kehamilan pertama, berakhir pada aborsi.
3. Menggunakan pil kontrasepsi sebelum mengalami masa kehamilan penuh atau menggunakan pil kontrasepsi selama sedikitnya 4 tahun.
4. Memiliki riwayat kanker payudara pada keluarga dekat (ibu, kakak perempuan, atau anak perempuan). Risiko lebih besar bila seorang saudara mengalami kanker payudara di kedua sisi sebelum memasuki masa menopause .
5. Memiliki kanker payudara dalam riwayat kesehatan pribadi.
6. Memiliki kanker ovarium atau kanker leher rahim dalam riwayat kesehatan pribadi.
7. Usia: kasus penderita kanker payudara pada perempuan umumnya pada usia di atas 50 tahun. Walau begitu, saat ini sudah mulai banyak orang yang terkena kanker payudara sejak usia 30-an, dan bahkan remaja sekalipun.
8. Mulai menstruasi pada usia muda (sebelum berusia 12 tahun) atau memasuki masa menopause di atas usia 55 tahun.
9. Menjalankan terapi estrogen sedikitnya selama 5 tahun seteleh memasuki masa menopause .
10. Mengonsumsi alkohol yang sangat banyak.
11. Obesitas.
Dalam bincang-bincang dengan wartawan, dr Sutjipto Sp(B) Onk, Ketua Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta (YKPJ), mengatakan, "Sekarang ini kita hidup dalam abad penyakit kanker ( cancerous age ). Di negara berkembang, bebannya jadi ganda. Secara perlahan tetapi pasti, jumlah penderita kanker di negara kita makin banyak karena negara kita perlahan-lahan menjadi sebuah negara industri. Menurut data WHO, negara industri memiliki penduduk dengan penyakit kanker yang besar. Indonesia sudah diimbau untuk mulai berbuat sesuatu. Saat ini, rasionya sudah meningkat, sudah mencapai 100 : 100.000 penduduk positif kanker payudara. Jadi, 1 dibanding 1.000."
Sebagai tambahan lagi, dokter yang juga bertugas di RS Dharmais ini mengatakan, perempuan yang aktif bekerja hingga malam hari, stres, terkena paparan polusi, pola makan tidak seimbang, dan kurang istirahat juga bisa berisiko terkena kanker payudara.

5 HAL YANG BIKIN KANTONG CEPAT TIPIS

RADAR JAMBI: TONI.S



Awas bahaya window shopping, bisa bikin kantong kosong.


Sedari awal Anda menandatangani kontrak kerja, gaji yang ditawarkan sudah mencukupi hidup Anda selama sebulan. Tetapi, mengapa setelah sekian bulan bekerja, gaji Anda tak lagi mencukupi hingga akhir bulan? Tanpa kita sadari, ada hal-hal keseharian yang tak kita sadari membuat kita bangkrut. Apa saja kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut?1. Window Shopping
Memang menyenangkan untuk melihat-lihat etalase di mal-mal untuk mengetahui ada gaya-gaya seru apa di dalam toko itu. Ada sebagian orang yang menyukai perlengkapan masak, ada yang suka perlengkapan dekorasi, ada juga yang senang mengutak-utik elektronik, atau busana, meski orang yang bilang tak suka ke mal sekalipun. Tetapi tahukah Anda, bahwa "window shopping" sebenarnya tak baik untuk Anda. Saat ini "window shopping" tak berarti Anda harus ke mal, lho. Lewat katalog pun berarti Anda sudah melakukan kegiatan tersebut. Segala kemudahan yang menghubungkan Anda dengan barang-barang kesukaan Anda itu bisa membuat Anda terdorong untuk belanja. Butuh disiplin yang kuat untuk menghentikan kebiasaan "window shopping". Mintalah untuk toko kesayangan Anda berhenti mengirimkan Anda newsletter dan katalog yang berisi barang-barang terbaru agar Anda tak selalu tergoda untuk membeli. Sebelum membeli barang terbaru itu, selalu tanyakan pada diri Anda, apakah Anda membutuhkan barang tersebut, dan bisakah Anda membayar tunai untuk barang itu? Jika salah satu jawabannya adalah "tidak", tinggalkan barang itu.
2. Membawa banyak uang tunai
Sudah seringkali diingatkan untuk tidak tergoda menggunakan kartu kredit atau kartu debet setiap saat, dan lebih baik membawa uang tunai secukupnya. Karena, kalau membawa uang tunai dalam jumlah banyak ke mana-mana, Anda bisa mendorong Anda lebih banyak belanja. Uang tunai yang tercecer dan ddalam jumlah banyak bisa membuat Anda berpikir bahwa itu adalah uang sisa yang bisa dibelanjakan barang tersier. Lalu Anda merasa bersalah karena uang tersebut hanya duduk diam di sana, Anda pun tergoda untuk memakainya. Bawalah uang tunai secukupnya, dan tinggalkan sisanya di rumah. Menghindari kartu kredit atau debet memang menyenangkan, tetapi pengaturan anggaran yang baik, lebih penting.
3. Menyimpan data kartu kredit di toko maya
Ada sebagian toko maya yang memberi Anda kemudahan dengan menyimpan data kartu kredit Anda di sana. Dengan kemudahan ini, Anda jadi tak perlu memasukkan data-data dan password berulang kali. Dengan kata lain, Anda tinggal pilih saja barang yang Anda mau tanpa repot. Tetapi, hal ini akan berbahaya bagi Anda. Alasannya, Anda akan lebih mudah tergoda untuk belanja. Terlebih karena yang perlu Anda lakukan adalah mengklik barang yang Anda mau, tanpa ada kesan bahwa Anda baru saja melakukan sebuah transaksi.
4. Belanja dengan emosi
Bagi wanita, belanja kala sedang kesal atau sedang senang adalah semacam hal yang membuatnya merasa bahagia. Tapi hati-hati, membiarkan mood Anda mendikte kebutuhan Anda adalah cara cepat menuju bangkrut. Upayakan untuk mencari ketenangan diri sebelum pergi belanja. Jujurlah pada diri Anda untuk menjawab pertanyaan, apakah Anda benar-benar membutuhkan barang-barang tersebut dan apakah Anda mampu membayar barang tersebut secara tunai? Coba bahagiakan diri Anda dengan melakukan hal-hal yang tak mengeluarkan biaya tinggi, seperti mandi air hangat atau spa dengan perlengkapan mandi yang sudah Anda miliki.
5. Tidak membuat perencanaan
Jarang membuat menu per minggu? Hm, sudah saatnya Anda membuat menu makan mingguan, kalau perlu, bulanan, demi penghematan. Mengapa? Karena, jika Anda malas membuat menu dan jadwal masakan mingguan, dan Anda mendapati di rumah tak ada bahan makanan, Anda akan tergoda untuk berbelanja makanan di restoran terus menerus. Hal ini bisa membuat Anda bangkrut tanpa disadari.
Saat Anda menyusun menu seminggu, Anda pasti akan memperkirakan bahan makanan apa yang bisa Anda beli, dan sisanya bisa digunakan untuk hari-hari selanjutnya. Jika Anda memperkirakan dalam waktu seminggu Anda akan sibuk, belanjalah bahan makanan sehat yang bisa tahan lama dan bisa Anda buat di akhir minggu untuk Anda simpan selama beberapa hari. Tak hanya bisa menghemat uang, tetapi juga membantu Anda menghindari makanan berlemak dari restoran cepat saji.
Dibutuhkan disiplin untuk terhindari dari kebiasaan buruk. Namun, dengan perencanaan dan pertahanan diri, serta kemampuan untuk menghindar dari situasi menggoda, Anda bisa terbebas dari kebiasaan-kebiasaan ini, dan mungkin bisa menyisakan uang lebih untuk ditabung.

10 KESALAHAN BERKAS LAMARAN KERJA

RADAR JAMBI: TONI.S




Selalu cek ulang resume Anda sebelum diberikan kepada tempat Anda melamar.
Resume atau berkas lamaran pekerjaan seharusnya berisi segala hal mengenai diri dan kelebihan Anda. Hal tersebut sebaiknya dibuat dengan ringkas, mudah dibaca, mudah dimengerti, dan menonjolkan alasan mengapa Anda yang sebaiknya dipilih untuk menempati pekerjaan yang Anda tuju itu. Sebelum dikirimkan, Anda harus membaca berulang-ulang untuk memastikan bahwa isinya sudah cukup tepat dan menceritakan tentang diri Anda. Anda mungkin butuh waktu berjam-jam untuk menyusun resume Anda, tetapi si pewawancara mungkin hanya butuh beberapa menit  untuk membacanya. Ketika ada kesalahan, tanpa segan-segan melewatkan resume Anda.

Pastikan resume Anda dibaca lengkap serta tidak terempas begitu saja karena ada kesalahan umum yang sebenarnya bisa dihindari. Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang bisa Anda hindari:
1. Tidak menyertakan surat pengantar lamaran
Surat lamaran pekerjaan (bukan curriculum vitae) bernilai penting pada saat pemrosesan pembacaan surat lamaran pekerjaan. Banyak perusahaan yang langsung membuang berkas lamaran pekerjaan yang tak menyertakan surat pengantar tersebut. Pastikan Anda menuliskan ringkasan riwayat diri Anda dengan tepat pada cover letter. Jelaskan mengenai kualifikasi Anda, jarak antara waktu kerja yang cukup jauh, serta informasi lain yang sekiranya dibutuhkan oleh perusahaan yang Anda tuju.

2. Berpikir bahwa salah ketik itu wajar
Dalam survei yang dilakukan kepada para  human resources department (HRD), kesalahan yang tersering mereka lihat dalam resume adalah kesalahan pengetikan atau sering disebut "typo". Jangan segan untuk meminta orang lain membaca kembali berkas lamaran pekerjaan Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan, apalagi jika Anda mengirim lamaran dalam bahasa Inggris atau bahasa lain yang sebenarnya belum Anda kuasai.

3. Terlalu generik
Ada banyak contoh penulisan surat lamaran pekerjaan yang bisa Anda contoh. Akan tetapi, saking umumnya, kadang para pembaca surat lamaran pekerjaan itu jadi hafal polanya. Nah, pastikan Anda menuliskan lamaran pekerjaan tepat guna dengan posisi yang Anda tuju. Buat surat lamaran pekerjaan Anda cukup personal dan tidak terlihat seperti Anda setengah hati melamarnya. Apalagi ternyata terselip nama perusahaan lain yang pernah Anda coba kirim lamaran. Uh, sudah pasti berkas Anda langsung disingkirkan.

4. Memfokuskan pada tugas, bukan hasil akhir
Ketimbang menuliskan daftar penugasan yang pernah Anda kerjakan, lebih baik Anda tuliskan apa saja hasil yang pernah Anda dapatkan dan bagaimana hal tersebut membantu perusahaan. Contoh, jika Anda pernah berhasil berkontribusi pada pendapatan perusahaan saat mencapai penghasilan tertinggi dalam sejarah dengan program yang Anda buat, maka tempat Anda melamar akan sangat tertarik pada Anda.

5. Obyektif egois
Para pencari pekerja akan mencoba melihat apakah Anda adalah kandidat yang tepat untuk posisi di lembaga mereka, jadi, apa pun yang ada di dalam resume Anda seharusnya merujuk kepada pengalaman dan keberhasilan Anda. Ringkasan kualifikasi yang menceritakan mengenai keberhasilan Anda akan lebih efektif ketimbang pernyataan tujuan Anda yang generik.

6. Format resume yang "berbunga-bunga"
Tentu, penggunaan kertas berwarna pink dan penggunaan huruf yang besar-kecil dengan warna yang berbeda-beda akan membuat berkas lamaran Anda terlihat berbeda dan menonjol, tetapi bukan dalam artian yang bagus. Biasakan untuk menuliskan resume menggunakan kertas dan font yang standar saja. Gunakan tipe font Arial atau Times New Roman berwarna hitam di atas kertas putih.

7. Salah cantum gelar dan tanggal
Salah satu kesalahan yang sering tertangkap adalah kesalahan pada pencantuman gelar. Ada yang saking bersemangatnya, gelar tersebut sudah dicantumkan pada saat ia mengirimkan lamaran, padahal wisuda atau kelulusannya baru akan diadakan bulan depan. Memaksakan hal tersebut bisa membuat Anda terlihat seperti "berbohong".

8. Alasan pergi dari kantor lama
Jangan mencantumkan sesu atu yang bernada negatif dalam resume Anda (juga saat wawancara kerja). Jika Anda meninggalkan posisi lama karena pengurangan tenaga kerja atau karena dipecat, sebaiknya ungkapkan hal tersebut hanya jika ditanya.

9. Mencantumkan terlalu banyak informasi personal
Jika tak ada hubungannya dengan karier Anda, tak usah cantumkan kegiatan pribadi Anda. Begitu pun dengan tinggi atau berat badan (kecuali memang diminta), afiliasi dalam bidang agama, orientasi seksual, hobi memancing, atau apa pun yang bisa berbalik menghakimi Anda.

10. Terlalu panjang
Jika ada pekerjaan di masa lalu yang tak lagi relevan dengan karier Anda, sebaiknya tak usah dicantumkan. Panjang halaman resume disarankan tak lebih dari 2 halaman. Jadi, pastikan Anda mencantumkan hal-hal yang relevan saja. Para manajer HRD, dalam survei yang dilangsungkan oleh Careerbuilder, 21 persen responden mengatakan resume yang lebih panjang dari 2 halaman terlalu panjang, membosankan, dan banyak salahnya.

WAJAH MULUS PUNGGUNG JERAWATAN

RADAR JAMBI: TONI.S


Untuk mendapatkan punggung mulus seperti tak harus ke salon.

Suami selalu mengeluhkan jerawat yang ada di punggung saya. Saya juga bingung kenapa punggung bisa berjerawat. Padahal muka saya tidak berjerawat. Apa kira-kira penyebabnya? Apakah jerawat itu bisa berkembang dan menjadi berbahaya? Cara-cara apa yang perlu dilakukan untuk mengatasinya? Titiek.

Dikatakan bahwa suami Anda mengeluhkan atau melihat jerawat pada punggung Anda. Berarti selama ini Anda sendiri tidak merasakan kehadiran jerawat itu. Yang Anda tanyakan, mengapa di wajah tidak berjerawat, sedangkan di punggung ada. Jelas tiap wanita selalu memel ihara penampilannya, seperti membersihkan wajah jika dirasa berdebu, kotor, atau berkeringat. Namun, banyak orang lupa bahwa di punggung juga bisa berkeringat. Apalagi aliran udara di sekitar punggung biasanya kurang bagus dibanding permukaan tubuh lain. Hal ini terutama karena punggung sering tertutup pakaian.

Bisa jadi Anda lupa untuk membersihkan bagian belakang tubuh, baik itu punggung, belakang leher, hingga batas pinggang. Itulah penyebab utama timbulnya jerawat pada punggung. Jerawat itu akan semakin berkembang jika kita jarang membersihkan alas tidur. Kalau ini terjadi jerawat akan matang dan terlihat seperti bisul kecil. Ini tidak berbahaya namun kadang dapat menimbulkan rasa demam di tubuh. Demam itu baru akan hilang jika mata dari bisul tersebut pecah. Bila sampai pecah, tentu tidak enak dipandang.

Cara untuk mengatasi jerawat di punggung ini mudah saja, jagalah kebersihan tempat tidur dan seprainya. Daster maupun pakaian dalam harus lebih cepat diganti apabila kita berkeringat. Ketika mandi jangan lupa bersihkan juga punggung Anda. Apabila sulit, belilah sikat punggung yang halus. Prinsip dasarnya adalah kebersihan. Namun, apabila dengan cara-cara ini jerawat Anda tidak hilang, perlu diteliti apa makanan yang paling sering Anda makan. Karena umumnya jerawat timbul apabila kita sering makan lemak. dr R. Soetomo Slamet Iman Santoso, Ahli Penyakit Dalam.

PELEMBAB BISA MENYEBABKAN JERAWAT

RADAR JAMBI: TONI.S


Jerawat tak hanya muncul di usia puber, orang dewasa pun bisa jerawatan. Masalah pada kulit bisa terjadi akibat masalah kejiwaan, lho.


Tak ingin wajah jadi "meriah" akibat jerawat yang meradang di sana-sini? Ketahuilah bahwa ada hal-hal yang tanpa kita sadari bisa menyebabkan jerawat. Bukan hanya karena malas mencuci wajah saja, tetapi hal-hal di bawah ini bisa bisa menyebabkan jerawat menjadi aksesori pada kulit wajah Anda
Hormon
Perhatikan waktu-waktu kedatangan dan kepergian si jerawat. Jika ia datang cukup teratur, yakni sekitar waktu-waktu menjelang siklus menstruasi Anda, berarti hal ini diakibatkan oleh siklus menstruasi Anda.

Stres
Jika Anda sering merasakan stres, memendam marah, dan hal ini tidak terkait dengan jadwal siklus menstruasi Anda, maka bisa jadi ini adalah masalah stres. Faktanya, saat stres, tubuh kita memproduksi lebih banyak androgen yang memicu jerawat.

Telepon
Ketahuilah, bahwa telepon menyimpan banyak bakteri, dan ketika telepon Anda memanas saat Anda bertelepon lama, ia akan membuka pori-pori Anda, saat itulah bakteri menemukan jalannya ke pipi Anda. Plus, iritasi akibat radiasi telepon saja sudah cukup mengganggu keseimbangan kulit Anda. Selain telepon, barang-barang lain yang sering menempel pada wajah juga bisa menimbulkan jerawat, seperti busa helm yang menempel di sisi wajah, contohnya.

Krim pelembab wajah
Krim pelembab wajah yang tidak tepat dengan jenis kulit wajah Anda pun bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori yang berujung pada wajah berjerawat. Pastikan Anda memilih jenis pelembab yang tepat dengan jenis kulit wajah Anda.

Sinar matahari
Sinar matahari yang mengenai kulit wajah bisa menyebabkan kulit menebal. Karena kulit menebal, ia akan menutup pori-pori, dan bisa mengakibatkan jerawat muncul.

Kosmetik berpigmentasi tinggi
Coba ganti tipe kosmetik dekoratif Anda dengan yang terbuat dari mineral. Ingat, bahwa semakin tinggi konsentrasi pigmen pada kosmetik, semakin tinggi kemungkinannya untuk menutupi pori-pori wajah. Jika pori-pori wajah tertutup/menyempit, akan mempertinggi risiko kulit timbul jerawat.

Krim dan sabun pencuci wajah
Jika Anda salah memilih sabun pencuci wajah, atau Anda tidak tuntas membilas pencuci wajah, maka besar kemungkinan residu dari sabun pencuci wajah tersebut menimbulkan jerawat karena kulit teriritasi atau menyumbat pori-pori.

Rambut
Rambut pun bisa jadi penyebab jerawat. Khususnya rambut kotor yang sering menerpa wajah. Karena itu, beberapa dokter kulit bahkan menyarankan agar wanita yang memiliki kecenderungan wajah berjerawat untuk mengikat rambutnya saat tidur. Anda tak pernah tahu kondisi sebenarnya rambut Anda. Karena jika Anda tidak keramas di malam hari, kotoran seharian akan menempel pada rambut dan bisa saja menempel pada wajah. Selain itu, kondisioner yang tak bersih setelah keramas pun juga bisa menyumbat pori-pori kulit jika rambut sempat menyeka wajah.

PENYUKA LAKI-LAKI JUGA WANITA NAMANYA APA YA ??

RADAR JAMBI: TONI.S

Ciuman kontroversial Britney dan Madonna

Masih ingat peristiwa ciuman menghebohkan antara Madonna dan Britney Spears di atas panggung? lalu, Katy Perry ketika bernyanyi bahwa dia mencium seorang gadis dan dia menyukainya? Kini, ada kata baru yang diciptakan bagi banyak perempuan heteroseksual yang tergoda dengan biseksualitas... yaitu fleksiseksual.

Hal ini merujuk pada orang-orang yang memiliki preferensi seksual, tetapi menolak terikat dengan preferensi tersebut. Perempuan heteroseksual berusia 30-an dan 40-an tahun pun tampaknya memimpin tren ini.

Psikolog dr Cecelia D'Felice, sebagaimana dikutip Dailymail , Jumat (26/11/2010), berkata, "Kaum perempuan sering kali lebih terbuka terhadap pengalaman-pengalaman itu ketika mereka mencapai usia 40-an dan lebih percaya diri dengan seksualitas mereka. Jika kesempatan itu muncul, maka mereka mungkin berpikir "mengapa tidak", terutama jika mereka telah keluar dari sebuah hubungan yang panjang."

Aktris Hollywood Angelina Jolie dan Drew Barrymore, keduanya 35 tahun, telah secara terbuka menyatakan ketertarikan pada perempuan dan berkencan dengan mereka. Jolie, yang kini jadi pasangan Brad Pitt, telah mengaku memiliki hubungan seksual dengan aktris Jenny Shimizu. Adapun Barrymore yang sudah dua kali menikah, seperti dikutip, mengatakan, "Berpasangan dengan perempuan seperti mengeksplorasi tubuh Anda sendiri, tetapi melalui orang lain."

Aktris Lindsay Lohan, 24 tahun, salah satu fleksiseksual muda yang melihat hal itu sebagai "tren". Ketika berkencan dengan DJ Samantha Ronson, dia menyangkal telah menjadi lesbian. Ia berkata, dia "mungkin" biseksual. Dia kembali melirik lelaki, termasuk bintang rugbi, Danny Cipriani.

Menurut dr D'Felice, fleksiseksualitas dewasa ini telah menjadi tren karena mendapat "dukungan" dari para selebriti. Namun, ia mengatakan bahwa hal itu selalu ada. Dia menambahkan, "Perempuan lebih cair terhadap (orientasi) seksualitas mereka ketimbang laki-laki dan lebih cenderung tertarik pada orang ketimbang pada jenis kelamin."

Sam Roddick, 39 tahun, pendiri butik erotis Coco de Mer, berkata, "Banyak perempuan heteroseksual yang tidak ingin melabeli diri mereka sebagai biseksual, tetapi mungkin penah mencium seorang gadis atau naksir sahabat mereka." Sepertiga dari 6.000 perempuan yang disurvei Coco de Mer mengatakan, fantasi favorit mereka adalah melakukan hubungan seksual dengan seorang perempuan.

APAKAH ARTI TAHI LALAT NEGATIF

RADAR JAMBI: TONI.S


Sebenarnya Sarah Jessica Parker memiliki tahi lalat positif di dagunya, entah kenapa ia justru menghilangkannya.

 Tahi lalat atau Nevi, merupakan pertumbuhan kulit dalam kapasitas kecil dan berwarna gelap. Proses ini berasal dari sel-sel penghasil pigmen (melanosit) di kulit. Jika Anda awalnya tidak mempunyai tahi lalat, lalu tiba-tiba muncul, jangan panik, karena itulah yang dimaksud pertumbuhan kulit.
Orang-orang dulu mengatakan, tahi lalat berasal dari gigitan nyamuk. Hal ini bisa benar, bisa salah. Sebab, bisa saja bekas gigitan nyamuk itu menjadikan rangsangan pada pertumbuhan kulit kita. Sel-sel penghasil pigmen itu berkumpul dan membuat lingkaran hitam di kulit, jadilah tahi lalat. Bisa salah karena, tidak semua gigitan nyamuk bisa mempengaruhi sel-sel tersebut. Ukuran tahi lalat bervariasi, bisa mendatar atau menonjol. Begitu juga permukaannya, bisa lembut atau kasar. Malah ada juga yang berambut.
Hampir semua orang memiliki sekitar 1 0 buah tahi lalat di badannya. Enggak percaya? Silakan cek. Tahi lalat itu tumbuh semenjak kita masih kanak-kanak hingga berusia lanjut. Malah ketika seorang wanita sedang mengandung, biasanya lebih cepat tumbuh tahi lalat. Dalam kondisi ini sel-sel pigmen memberikan respons terhadap perubahan kadar hormon. Sehingga membuat sel kulitnya lebih peka untuk membentuk titik hitam.
Bila memiliki tahi lalat negatifBagi Anda yang mempunyai tahi lalat bersifat negatif, jangan langsung panik. Tidak berarti tahi lalat tersebut harus segera dihilangkan. "Semua itu hanya pemaknaan. Sikap positif tetap harus muncul dari hati orang itu, bukan tahi lalatnya," kata Zhou Sung Hung, pakar tahi lalat.
Ada saja orang yang tidak suka dengan tahi lalat di wajahnya, sehingga dia selalu tidak percaya diri. Nah, di sinilah aura negatif itu akan muncul. Setiap kali bertemu dengan orang lain, dia selalu gelisah. Orang yang memandangnya pun ikut tidak enak. Jadi semua itu tetap berpulang kepada diri kita masing-masing. Jangan terpengaruh melihat penampilan orang lain, misalnya ada artis terlihat cantik tanpa tahi lalat di wajahnya, karena alasan tersebut Anda ikut-ikutan menghilangkan tahi lalat yang ada di wajah.
Tetapi jika Anda memutuskan untuk menghilangkan tahi lalat dengan alasan yang sudah tepat, Zhou mempunyai cara cepat dan tidak menimbulkan sakit.Hanya dengan serbuk dan ramuan herbal dari Tiongkok, titik hitam itu akan rontok dalam waktu 3 hari. "Biayanya sebesar Rp 100 ribu," tutur Zhou.

LIHAT NASIB LEWAT TAHI LALAT DI WAJAH

RADAR JAMBI: TONI.S




Eva Mendes (kiri) dan Cindy Crawford, dengan tahi lalat yang menurutnya menyeimbangkan bentuk bibirnya yang enggak proporsional.


Ada orang terlihat cantik dan tampan jika terdapat tahi lalat di wajahnya. Namun, ada juga yang terlihat jelek. Menurut pakar tahi lalat, Zhou Sung Hung, semua itu tergantung letak tahi lalat di wajah. Malah menurutnya, jika terdapat tahi lalat negatif di wajah, harus segera dihilangkan agar nasib orang tersebut terbuka lebar. Mari kita lihat beberapa posisi tahi lalat, dan apa maknanya.
Letak : Hidung, berada di antara mata kiri dan kanan, sejajar dengan bola mata.
Sifat : Negatif
Makna: Ciong suami. Artinya tahi lalat ini membawa sifat jelek dalam diri wanita. Jika dia berumah tangga, akan selalu terjadi selisih paham dengan sang suami. Setiap masukan dari suami akan ditolak oleh wanita ini. Malah wanita ini termasuk kategori pelawan dan tidak menurut terhadap suami.
Letak: Di bawah mata, seperti mengalirnya air mata.
Sifat: Negatif
Makna: Kesedihan . Bagi yang memiliki tahi lalat di bawah mata, dalam keseharian dia akan terus diliputi kesedihan, karena menyerupai air mata. Seperti pasangannya akan direbut oleh orang lain, hingga karier tidak mulus.
Letak : Tepat di atas bibir dan di bawah hidung.
Sifat : Positif
Makna: Panjang umur. Tahi lalat ini membuat kesehatan akan terjaga. Selalu sehat dan panjang umur.
Letak : Di atas bibir sebelah kiri.
Sifat: Positif
Makna: Pandai diskusi. Menurut buku kebijakan Tiongkok, orang yang mempunyai tahi lalat seperti ini mampu mendamaikan orang-orang yang berselisih di sekitarnya, dengan menggunakan ketangkasannya berbicara.
Letak : Di tengah bawah bibir
Sifat : Positif
Makna: Rezeki. Dimana saja orang ini bekerja, rezekinya selalu lancar dan makmur. Baik ketika dia menjadi karyawan di suatu perusahaan maupun membuka bisnis. Bila yang memiliki tahi lalat seperti ini adalah seorang wanita, ia juga akan memperlancar rezeki sang suami.
Letak : Samping kiri hidung bagian bawah
Sifat: Negatif
Makna : Penyakit. Wanita yang mempunyai tahi lalat di sini akan sering sakit.
Letak : Samping bibir sebelah kanan.
Sifat : Negatif
Makna: Rezeki seret . Segera hilangkan tahi lalat di posisi ini, begitu menurut buku kebijakan Tiongkok. Kenapa? Karena akan membawa rezeki seret di keluarga Anda. Semua rezeki selalu terasa kurang.
Letak : Di bawah lubang hidung sebelah kanan.
Sifat: Negatif
Makna: Serakah . Sifat wanita yang mempunyai tahi lalat di sini akan dibenci semua orang. Jarang ada yang mau mendekati dia karena sifat serakahnya. Biasanya wanita ini ingin selalu merebut milik orang lain, segala usaha akan dilakukan.
Letak : Daun telinga kiri sebelah atas.
Sifat : Positif
Makna : Bahagia. Beruntunglah para suami yang istrinya mempunyai tahi lalat di sini. Mereka akan berbahagia.
Letak : Di bawah mata samping kanan.
Sifat : Negatif
Makna : Boros. Tahan belanja dan jangan memegang uang berlebihan. Inilah saran yang paling cocok untuk wanita bertahi lalat di sini. Karena dia sangat hobi menghambur-hamburkan uang.
Letak : Pipi sebelah kiri.
Sifat : Positif/negatif
Makna: Banyak anak . Sifat tahi lalat ini bisa positif, bisa negatif. Jika anak dirawat dan dididik dengan baik, pasti akan membanggakan orangtuanya kelak. Namun sebaliknya, jika tidak bisa mendidik, orangtua akan disusahkan oleh anak-anaknya.
Letak : Pipi dekat telinga sebelah kiri.
Sifat : Positif
jika tidak terus diasah maka akan pudar.
Letak: Kening sebelah kanan.
Sifat: Positif/negatif
Makna: Perantau. Dia menyukai jalan-jalan. Tidak heran wanita yang mempunyai tahi lalat di sini selalu merantau. Biasanya, kalau sudah berkeluarga, dia akan menetap di kampung orang lain. Hati-hati, jaga sopan-santun di kampung orang.
Letak: Dagu
Sifat: Positif
Makna: Bintang . Dia akan menjadi pusat perhatian, di mana pun berada. Tahi lalat di dagu biasanya enak dipandang dan disukai banyak orang. Tak heran wanita seperti ini akan menjadi bintang di antara teman-temannya.
Letak: Kening atas.
Sifat: Negatif
Makna: Emosi. Jauh-jauhlah dengan orang yang mempunyai tahi lalat di sini, karena dia gampang emosi. Salah sedikit, dia akan marah.
Nah, terserah Anda percaya atau tidak. Yang pasti, kesuksesan dan kebahagiaan pasti akan diperoleh jika kita mau berusaha, berdoa, dan bekerja keras.

MERAMAL TAHI LALAT ANDA YUK''

RADAR JAMBI: TONI.S




Percaya tidak percaya, tahi lalat tak sekedar menempel begitu saja di tubuh kita. Bagi yang percaya, letak tahi lalat ada hubungannya terhadap kepribadian seseorang. Coba deh perhatikan sekali lagi letak tahi lalat Anda dan temukan artinya di bawah ini.

SEPUTAR WAJAH
- Pelipis kanan: menandakan Anda seorang yang pandai menyimpan rahasia. Bagi Anda, rahasia yang Anda pegang pantang dibocorkan pada pihak lain.

- Pelipis kiri: Anda punya jiwa sosial yang oke. Hati Anda mudah trenyuh melihat penderitaan orang lain. Saking dermawannya, terkadang Anda rela memberi lembaran uang Anda satu-satunya kepada orang lain yang dianggap lebih butuh.

- Dahi kanan: Anda orang yang pandai bergaul. Di tempatkan di lingkungan sosial mana pun, dipastikan Anda tidak bakalan susah. Kelebihan lain, Anda pribadi yang senang bertualang.

- Dahi kiri: Anda tipikal pemikir. Otak Anda termasuk encer. Motto hidup Anda, tidak ada masalah yang tak ada jalan ke luarnya.

- Alis sebelah kanan: memiliki gambaran pribadi yang banyak memikul beban. Orang seperti ini gampang terkena stres.

- Ailis sebelah kiri: menandakan Anda seorang yang egois, mau menang sendiri dan sering kali tidak peduli terhadap kesulitan orang lain.

- Hidung: Anda disukai banyak orang. Anda juga bukan orang yang pelit. Rezeki Anda terbilang berlimpah.
- Pipi kanan: menggambarkan kepribadian yang rendah hati, suka menolong dan tidak tegaan. Berhati-hati saja karena banyak yang akhirnya memanfaatkan kebaikan Anda.

- Pipi kiri: Anda termasuk pribadi yang boros. Anda juga dikenal sebagai orang yang baik hati, berbudi luhur, dan tidak sombong.

- Bibir atas dan bawah kanan: Anda lihai berdebat. Siapa pun yang mengajak Anda adu mulut, dijamin tidak akan pernah menang melawan Anda.

- Bibir atas kiri: Anda orang yang pintar bergaul dan mudah klik dengan siapa saja.

- Bibir bawah kiri: wah... Anda terkenal cerewet, ya. Hal kecil saja bisa membuat Anda ‘bernyanyi’ sepanjang hari.

- Dagu kanan: menggambarkan watak yang penuh kasih sayang. Anda sangat cocok memelihara binatang atau tanaman, karena Anda tipe orang yang bisa merawat dengan penuh cinta.

- Dagu kiri: pemilik tahi lalat di dagu kiri kebanyakan berkepribadian pendiam, tidak banyak bicara dan hemat dalam pengeluaran keuangan.

- Telinga kanan: Anda terkenal punya kemuaan keras. Kalau sudah menginginkan sesuatu, Anda akan maksimal mengerahkan segala daya dan upaya untuk mendapatkannya.

- Telinga kiri: waduh.. mereka yang mempunyai tahi lalat di titik ini biasanya mudah tersinggung dan emosinya cepat sekali meledak.


LEHER SAMPAI KAKI
- Leher: menandakan Anda orang yang berhati keras. Tidak mudah bagi orang lain untuk menaklukkan hati Anda.

- Pundak kanan: Anda orang yang kuat memikul tanggung jawab. Di dalam keluarga, Anda orang yang sangat diandalkan.

- Pundak kiri: gambaran pribadi Anda di antaranya penyabar, teliti dan kalau punya pendirian sulit tergoyahkan.

- Tangan: Anda orang yang berani, kuat fisik dan mental serta pendiam.

- Pergelangan tangan: Anda tidak bisa menyimpan uang. Di tangan Anda uang cepat sekali menguap.

- Dada: menandakan Anda orang yang mudah iba hati terhadap orang lain. Meski begitu pendirian Anda juga keras.

- Perut: tahi lalat di perut menggambarkan orang yang mudah terpengaruh oleh bujuk rayu, perilakunya lemah lembut dan punya hati bersih.

- Perut sebelah kanan: mempunyai nafsu seks besar, dilimpahi banyak rejeki dan mudah memaafkan.

- Lutut: Anda orang yang periang dan kelebihan Anda kuat jalan kaki. Tak heran Anda kuat mengelilingi mal seharian.

ORANG BERTAHI LALAT CENDERUNG AWET MUDA

RADAR JAMBI: TONI.S


Eva Mendes (kiri) dan Cindy Crawford, dengan tahi lalat mereka yang khas. Setuju kan, kalau mereka tampak awet muda?

 Resah dengan tahi lalat yang memenuhi wajah dan bagian-bagian tubuh Anda? Jangan lagi. Para peneliti Inggris baru saja menemukan bahwa orang yang memiliki banyak tahi lalat ternyata dilindungi secara genetik dari banyak kerusakan akibat waktu, dan cenderung akan memperlambat proses penuaan.
Penelitian baru ini juga mengatakan bahwa orang bertahi lalat banyak tak hanya akan menunda keriput dalam usia matang, tetapi juga memiliki tulang yang lebih kuat, dan otot yang lebih kencang.

Kesimpulan ini diperoleh setelah peneliti dari King's College London mengambil sampel 1.200 kembar perempuan identik dan tidak identik berusia 18-79 tahun. Dari jumlah tersebut, mereka yang memiliki lebih dari 100 tahi lalat di tubuh mereka ternyata memiliki tulang yang lebih kuat, sehingga kecenderungan untuk mengidap osteoporosis menurun 50 persen dibanding perempuan yang tahi lalatnya kurang dari 25.
Tahi lalat dibentuk oleh sel-sel yang memecah dengan cepat, yang mulai memproduksi titik-titik pigmen gelap pada anak-anak mulai usia empat tahun, dan akhirnya lenyap sekitar usia 40. Meskipun begitu, pada sebagian orang tahi lalat ini juga terus menyebar ketika usia bertambah. Pada saat itu Anda akan merasakan kulit yang bebas keriput dan mulus, yang membuat Anda jadi terlihat tujuh tahun lebih muda dari usia sebenarnya.

"Sampai sekarang, setiap orang masih mengabaikan tahi lalat," kata pakar genetik Profesor Tim Spector. "Kebanyakan tahi lalat mulai hilang pada usia 40, tapi kami tahu bahwa orang-orang yang tidak terlihat tua dan baby face pada usia 60 cenderung memiliki banyak tahi lalat."
Keuntungan lain dari memiliki banyak tahi lalat adalah otot yang lebih kencang, serta mata dan jantung yang lebih sehat. Hal ini lebih berarti daripada risiko kanker kulit, yang bisa berkembang menjadi melanoma maligna akibat paparan sinar matahari.

MUNCUL NYA TAHI LALAT BERBAHAYAKAH ??

RADAR JAMBI: TONI.S


Baru-baru ini saya baru menyadari kalau di wajah anak saya muncul tahi lalat, tepatnya di atas bibir sebelah kiri. Saya yakin sekali kalau saat anak saya lahir, tahi lalat itu belum ada. Kapan persisnya tahi lalat itu muncul, saya tidak tahu. Bentuknya bulat kecil dan tidak menonjol. Warnanya juga biasa saja, seperti tahi lalat pada umumnya. Setelah di bibir kiri atas, saya juga melihat ada tahi lalat baru muncul di hidungnya. Bentuk dan warnanya mirip dengan tahi lalat yang ada di atas bibir. Saya bingung juga kenapa tiba-tiba tahi lalat itu bermunculan di wajah anak saya. Apakah tahi lalat itu berbahaya, Dok? Haruskah segera dihilangkan? Ada yang bilang tahi lalat tidak berbahaya. Benarkah demikian? Atau ada ciri-ciri khusus tahi lalat yang berbahaya dan yang tidak? Apakah mungkin di kemudian hari akan muncul tahi lalat baru di tubuh anak saya? Hana, Cipinang.
Jawaban dari dr Waldi Nurhamzah, staf pengajar ilmu kesehatan anak FKUI/RSCM:

Tahi lalat (di negeri Barat, dikenal dengan nama nevus atau moles ), umumnya tidak berbahaya. Ia merupakan bercak gelap di kulit akibat timbunan pigmen yang dilakukan oleh sel melanosit. Bercak ini bisa kecil, bisa besar. Tidak semua tahi lalat harus ada sejak lahir, bisa saja ia timbul di kemudian hari. Tetapi amat tidak lazin tahi lalat bertumbuh setelah seseorang sudah dewasa.

Biasanya tahi lalat tumbuh semasa anak berusia 6-12 bulan, dan menjadi nyata pada masa remaja. Di masa tua, biasanya tahi lalat memudar. Hanya sekitar 1 persen bayi yang dilahirkan sudah mempunyai tahi lalat (jadi tidak semua bayi harus sudah bertahi lalat). Ukuran tahi lalat bervariasi, bentuknya bisa mendatar atau menonjol, permukaannya bisa halus atau kasar (menyerupai kutil) dan bisa berambut.

Biasanya tahi lalat berwarna cokelat tua atau hitam, tetapi bisa juga berwarna merah atau kuning-cokelat. Hampir semua orang memiliki sekitar 10 buah tahi lalat. Keluarga yang banyak mempunyai tahi lalat biasanya juga menurun kepada anak-anaknya. Tahi lalat tak harus dihilangkan kecuali si pemilik penasaran dan tidak ingin ada tahi lalat di tempat itu karena berbagai alasan (kosmetik atau kepercayaan). Sebagian orang malah bersyukur dengan tahi lalat yang dimilikinya karena dipercayai menambah ketampanan/kecantikan atau bahkan keberuntungan.

Memang ada tahi lalat yang harus dilenyapkan, khususnya tahi lalat yang berubah menjadi ganas. Membiarkannya sama dengan mengancam kehidupan pemiliknya. Tetapi jangan lantaran takut yang demikian, lantas semua tahi lalat harus dimusnahkan. Keluarga yang pernah menderita kanker kulit yang berasal dari tahi lalat harus lebih cermat mengamati tahi lalat yang ada di garis keluarganya. Tahi lalat yang sedari awal ukurannya besar cenderung lebih mudah menjadi ganas dibanding yang ukurannya kecil. Berikut adalah tanda-tanda perubahan pada tahi lalat yang bisa mengarah pada keganasan:
* Ukuran bertambah besar
* Warna bertambah gelap
* Peradangan
* Perubahan warna dalam bentuk bintik-bintik
* Perdarahan
* Gatal
* Nyeri

Rangsangan terhadap tahi lalat (gesekan, garukan, sinar ultraviolet) menurut para ahli juga dapat memicunya menjadi ganas. Kalau ada waktu, mampirlah ke beberapa situs internet yang membicarakan dan menampilkan contoh foto-foto menarik tentang tahi lalat dan tentang perubahan tahi lalat menjadi keganasan (kanker), seperti di

MESRA BERPELUKAN DI BUI ROTI LUNA MAYA UNTUK ARIEL

RADAR JAMBI: TONI.S



Dukungan terus diperlihatkan oleh artis Luna Maya kepada kekasihnya, vokalis Nazriel Irham alias Ariel. Menjelang sidang kedua Ariel, Luna menemui Ariel di ruang tahanan sementara Pengadilan Negeri Bandung, Senin (29/11/2010).Luna datang ke PN Bandung kira-kira pukul 07.45 WIB. Dengan ketat sekelompok orang dari salah satu organisasi massa (ormas) kepemudaan mengawalnya.
Mengenakan blus putih yang dipadu pashmina, Luna menemui Ariel dan berbincang-bincang sebentar dengan Ariel dari balik tahanan. Ia kemudian memberi sekotak roti untuk sarapan Ariel menjelang sidang.
Seusai menemui Ariel, Luna langsung pergi. Ia bungkam saja ketika sejumlah media menanyainya. Sementara itu, Ariel terlihat santai menghadapi sidang keduanya. Ia  bahkan bersedia menjawab, meskipun singkat, pertanyaan sejumlah media. "Mungkin lebih santai, tetapi tetap saja merasa aneh (berada di bui)," katanya.

CIRI SI DIA SELINGKUH

RADAR JAMBI: TONI.S



Pria "manis" terlihat tak mungkin macam-macam pun menjadi peselingkuh. Mulai dari selingkuh kecil hingga selingkuh berat yang berlanjut ke ranjang! Tandai ciri-cirinya!

Bukan berarti harus mencurigai pasangan Anda . Tapi, seperti anekdot "kucing disodori ikan asin pasti langsung disambar", siapa yang tak tergoda jika ada seseorang yang terus-menerus mencoba menarik perhatian kita. Karena sering bertemu, mengobrol, dan akhirnya saling curhat, perselingkuhan pun semakin mungkin terjadi. Apalagi bila kebetulan kondisi hubungan dengan pasangan pun sedang seperti mendungyang gelap.

Namun, tentu saja tak berarti solusinya adalah mengawasi dan menginterogasi pasangan selama hampir 24 jam. Yang penting, ciptakan hubungan yang kondusif di antara Anda berdua, dan belajarlah jeli membaca tanda-tanda kemungkinan adanya perselingkuhan. Dengan begitu, pengkhianatan bisa segera dihentikan, dan hubungan Anda berdua pun masih terselamatkan.
Lalu, apa saja tanda-tanda awal yang bisa dijadikan petunjuk? Marcella Bakur dan Raymon B. Green dalam buku mereka, 180 Telltale Signs Hates Are Cheating and How Them, mengungkapkan 32 tanda emosional seseorang yang sedang berselingkuh.

1. Dia lebih perhatian dari biasanya. Ini karena dia merasa bersalah kepada Anda. Namun, perhatian tersebut perlahan-lahan berkurang dan akhirnya menghilang setelah perselingkuhan semakin dalam.

2. Dia mulai menghujani Anda dengan hadiah. Sama seperti poin pertama, ini dilakukannya karena merasa bersalah telah mengkhianati Anda. Dengan memberikan hadiah-hadiah itulah ia bisa mengatasi rasa bersalahnya.

3. Tingkah lakunya membuat Anda merasa ada sesuatu yang tidak beres. Percayailah instink Anda. Tidak peduli dengan instink tersebut sama saja Anda "membutakan" diri dari kebenaran yang ada. Andalah yang paling tahu kebiasaan, rutinitas, dan sikap-sikapnya sehari-hari. Jadi, curigalah bila semua itu berubah.

4. Dia mulai semakin sering memancing pertengkaran. Ini adalah alasannya untuk marah dan pergi menemui kekasih gelapnya. Namun, bisa juga dilakukan karena perasaannya yang bercampur aduk setelah mengkhianati Anda.

5. Selalu membicarakan kemungkinan hubungan Anda berdua berakhir. Waspadalah jika dia mulai sering berkata, "Apa yang kamu lakukan jika hubungan kita berakhir?" atau, "Jika sesuatu terjadi pada kita berdua, saya akan selalu menyayangi kamu sebagai teman." Asal Anda tahu, kalimat berandai-andainya itu karena ada orang lain yang akan menerimanya dengan senang hati begitu hubungan Anda berdua berakhir.

6. Dia seperti Anda saat sedang mengalami PMS. Dia tampak senang dan bersemangat ketika akan pergi keluar rumah sendirian, dan langsung lesu serta lemas saat berada di dekat Anda.

7. Dia jarang bicara dengan Anda dan menjadi "dingin" seperti es batu, tidak peduli pada perasaan Anda.

8. Selera musiknya tiba-tiba berubah. Karena jadi lebih sering mendengarkan musik kesukaan "sang pacar", ia pun jadi ikut menyukai musik tersebut.

9. Harga dirinya rendah. Bukan berarti lalu dia pasti berselingkuh. Namun, orang-orang seperti ini umumnya cenderung mencari rasa aman dan umpan balik positif dari orang lain. Nah, salah satu cara mendapatkannya, ya, lewat perselingkuhan.

10. Dia terus-meneru s mengkritik orang lain (lawan jenisnya). Ini adalah usahanya untuk membuat Anda berpikir bahwa orang seperti itu bukanlah tipe favoritnya, walau sebenarnya diam-diam dia tertarik.

11. Dia jadi lebih sering memberi kritik pedas kepada Anda.

12. Emosinya jadi lebih mudah terpancing terhadap komentar Anda, bahkan komentar netral sekalipun.

13. Dia tak lagi memberi perhatian kepada Anda, anak-anak, dan kehidupan keluarga.

14. Dia mulai seperti bermain "petak umpet" saat Anda berada di dekatnya. Misalnya, Sering sekali menutup pintu atau pergi menjauh saat bicara di telepon.

15. Dia tak pernah lagi memuji penampilan Anda.

16. Dia mulai berhenti mengucapkan "Aku cinta kamu.

17. Dia tampak salah tingkah atau tampak merasa bersalah saat Anda melakukan hal baik untuknya.

18. Dia justru menuduh Andalah yang berselingkuh walau tak memiliki bukti yang kuat.

19. Dia lebih memilih menghabiskan waktu bersama teman-temannya dibanding bersama Anda.

20. Dia mulai tak berminat membicarakan masa depan perkawinan Anda berdua.

21. Dia tak lagi menunjukkan kasih sayangnya kepada Anda.

22. Dia lebih memilih membaca atau menonton teve dibanding mengobrol atau bercinta dengan Anda.

23. Dia sering membicara kan masalah yang tengah dialami orang lain, terutama pada lawan jenisnya.

24. Dia mulai menggunakan kata-kata humor atau canda serta pendapat yang berbeda dari biasanya, yang tidak mencerminkan dirinya.

25. Dia semakin tidak memperhatikan anak-anaknya. Anak-anak pun merasa ada sesuatu yang salah dengan a yah mereka.

26. Dia seperti mena rik diri dan menjauh. Tapi saat Anda menanyakan itu semua, dia tak ingin membicarakannya.

27. Dia tampak tidak berkonsentrasi dan tidak menunjukkan gairahnya saat bercinta.

28. Dia selalu tampak kaget atau bingung setiap bangun pagi. Ini karena tidak yakin di tempat tidur siapa dia terbangun.

29. Anda mendengarnya mengigau menyebutkan nama seseorang (nama perempuan tentunya) lebih dari satu kali.

30. Sahabat dan anggota keluarga Anda sering melihat ketegangan di antara Anda berdua, bahkan jauh sebelum Anda sendiri menyadarinya.

31. Dia mudah sekali merasa "terancam" saat Anda bertanya-tanya tentang beberapa hal kepadanya, dan merasa seperti diinterogasi.

32. Pola tidurnya berubah dari biasanya dan tampak resah.
Nah, apakah tanda-tanda tersebut juga terdapat pada pasangan Anda? Jika iya, waspadalah.

13 CARA AGAR TIDUR NYENYAK

RADAR JAMBI: TONI.S

 

http://i.ehow.com/images/GlobalPhoto/Articles/4891417/sleepwell-main_Full.jpg
Tidak setiap orang bisa mengalami kualitas tidur yang baik. Simak 13 saran berikut agar Anda bisa tidur nyenyak, sehingga segar dan bugar ketika bangun.

1. Temukan kedamaian dan ketenangan pada saat menjelang waktu tidur
Untuk bisa tidur cepat dan nyenyak sepanjang malam, ternyata tubuh memerlukan persiapan. Bagaimana bisa tidur enak kalau tubuh dan pikiran tidak dipersiapkan untuk itu? Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menciptakan suasana damai dan tenang. Tinggalkan masalah yang membebani Anda hari itu. Ringankan pikiran dan tubuh dengan aktivitas yang menyenangkan.

Jika suasana tidak enak atau tetangga berisik, cobalah anda keluar kamara dan mencari tempat paling nyaman untuk duduk. Tenangkan hati dan pikiran agar tidak terganggu oleh keadaan itu.
Anda juga bisa mencoba membaca untuk rileks. Pilihlah bacaan yang ringan agar tidak menyedot perhatian dan malah membuat terjaga.
Menonton acara TV? Mengapa tidak! Namun pilihlah program yang santai.
Mendengarkan musik juga sangat dianjurkan. Sekali lagi, pilihlah musik ringan yang menenangkan.

Cobalah bermeditasi atau berdoa. Ini akan mendamaikan hati dan pikiran kita.
Jika suka, Anda juga bisa berendam air hangat atau meminta pijat ringan.

2. Buatlah ritual menjelang tidur
Ritual ini diperlukan untuk memberi sinyal kepada tubuh bahwa saat inii adalah waktunya tidur. Tentu ritualnya terserah Anda. Misalnya, pada jam tertentu Anda mengunci semua pintu, mematikan lampu, membersihkan diri di kamar mandi, memakai krim malam, gantu baju, lalu naik ke tempat tidur. Jika ritual ini dilakukan setiap hari, tubuh akan mengerti kapan harus tidur.

3. Jangan berangkat tidur saat marah

Kalau berangkat tidur masih marah, percayalah, di tempat tidur Anda akan memikirkan argumentasi dan strategi melakukan serangan balik. Terlalu sering orang menjadikan tempat tidur sebagai arena menyelesaikan masalah. Padahal, tempat tidur mestinya dijadikan tempat untuk merasakan kedamaian dan ketenangan.


4. Jangan mencemaskan soal tidur
Mencemaskan soal tidur sama sekali tidak produktif bahkan hanya menghasilkan lebih banyak stres, kegelisahan dan insomnia.


5. Jangan paksakan diri untuk tidur

Banyak orang suka memaksakan diri supaya bisa tidur karena keesokan harinya akan melakukan sesuatu yang penting. "Saya harus tidur, saya harus tidur," kalimat yang diucapkan berkali- kali di dalam hati itu bukannya membuat mengantuk dan tertidur. Semakin keras dia berusaha, malah makin sulit. Cobalah untuk melakukan saran nomor 1: rileks!


6. Tundalah penundaan!

Pada umumnya kita suka menunda pekerjaan dengan moto: "Kalau bisa besok, mengapa harus dikerjakan hari ini." Akibatnya sebagian orang menjadi sulit atau tidak nyenyak tidur karena pikiran masih tertinggal di pekerjaan, memang dibutuhkan disiplin.

Buatlah dafta apa yang harus diselesaikan hari itu, jangan lupa mengatur waktunya.
Selesaikan apa yang telah Anda mulai. Meninggalkan pekerjaan setengah jadi bisa menyulitkan Anda untuk rileks sebelum tidur. Kadang juga membuat malas untuk menyelesaikan pada keesokan harinya.

Peganglah janji untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Buatlah jadwal dan tepatilah apa yang telah Anda rencanakan.

7. Jangan terobsesi tentang mimpi
Mimpi memang kontroversial. Ada ilmuwan menganggap mimpi merupakan ungkapan bawah sadar. Yang lain hanya menganggap mimpi sebagai pikiran acak yang masuk ke dalam otak dan tidak memiliki arti. Karena itu, mengenalisis arti mimpi sama sekali tidak ada gunanya. Yang jelas, mengalami mimpi dan bisa mengingat merupakan pertanda tidur kita tidak nyenyak.

8. Berlatihlah olahraga lebih awal
Olahraga memamg perlu tapi jika itu dilakukan dekat-dekat waktu tidur akan membuat Anda tidak bisa beristirahat dengan enak. Olahraga bukan hanya membuat kita merasa lelah, tapi organ-organ tubuh seperti otak,jantung dan lain-lain akan terstimulasi menjadi aktif, sehingga membutuhkan waktu untuk pendinginan. Lakukan latihan lebih awal, kalau bisa pagi hari, 30-45 menit 3-4 kali seminggu.

9. Hati-hati dengan kefein
Kafein yang terdapat di dalam kopi dan teh hitam memang lazim kita minum pada pagi atau sore hari. Bahkan karena berpendapat bahwa kopi tidak berpengaruh apap pun, kadang orang minum kopi pada waktu menjelang tidur. Padahal, ada efek yang tidak disadari, yaitu menjadi letih saat bangun tidur. Celakanya, oranhg lantas mencoba menghilangkan rasa lelah, letih dan kurang segar itu dengan minum kopi. Ini tak lebih dari lingkaran setan yang mencelakakan. Jangan minum kafein setidaknya enam jam sebelum waktu tidur. Jangan pula meremehkan kefein pada produk lain seperti minuman ringan, penambah ebergi, dan sebagainya.

10. Makan cemilan, sebelum tidur
Makan terlalu kenyang, kalau tidak membuat sulit tidur malah membikin ngantuk. Namun, berangkat tidur dalam keadaan perut lapar juga tidak baik karena membuat sulit atau tidak nyenyak tidur. Riset membuktikan makan cepat dan ringan sebelumnya bisa membuat tidur lebih nyenyak. Lakukan sekitar 30 menit sebelum tidur, tapi jangan di atas tempat tidur. Hindari makanan yang mengandung MSG dan kafein.

11. Jangan merokok
Merokok bukan hanya akan mengganggu keseahtan, tapi juga membuat Anda terjaga. Riset menunjukkan perokok berat memiliki risiko lebih tinggi memgalami insomnia dibanding bukan perokok.

12. Jangan minum lalu tidur
Ada kalanya minuman beralkohol membantu orang untuk tidur. Namun, alkohol akan membuat mereka terjaga pada tengah malam, menambah porsi minum, dan pada akhirnya menuai berbagai penyakit termasuk terganggunya pernapasan. Jangan memilih minuman beralkohol untuk pengantar tidur. Pilihlah teknik rileksasi lain.

13. Berjalan kakilah pada pagi hari
Anda mungkin tidak memiliki kesulitan untuk tidur nyenyak. Namun, mungkin Anda belum tahu bahwa jalan kaki pada pagihari bisa membantu mendapatkan kualitas tidur yang baik. Mengapa? Ini merupakan rangkaian pembentukan jam biologis Anda. Seperti halnya ritual menjelang tidur, jalan kaki, atau naik sepeda bisa membentuk ritme tubuh kapan harus tidur dan bangun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar