Locations of visitors to this page HBA: 6 TEMPAT SEREM DI DUNIA

HASAN BASRI AGUS DAN FACHRORI

HASAN BASRI AGUS DAN FACHRORI
JAMBI TEMPO DOELOE

Rabu, 01 Desember 2010

6 TEMPAT SEREM DI DUNIA

HBA
 

 



Tempat ini menurut cerita legenda rakyat setempat didiami oleh roh seorang gadis yang mati muda. Ada banyak versi tentang kenapa roh gadis muda ini menjadi penasaran dan kerap mengganggu warga. Ada cerita yang menyebut, gadis muda itu tewas bersama dengan bangunan peternakan kediamannya terbakar. Tubuhnya ditemukan telah menjadi abu bersama dengan kerangka bangunan peternakan itu.

Tapi versi lain menyebutkan, gadis ini tewas karena dibakar ayahnya yang marah karean kehilangan hak asuh atas anak-anaknya setelah bercerai dengan istrinya. Sementara cerita lain menyebutkan, gadis muda ini tewas diperkosa di dalam terowongan itu, setelah itu tubuhnya yang tak berdaya dibakar hidup-hidup oleh pelaku untuk menghilangkan jejak kejahatannya. Lepas dari cerita manakah yang benar, namun masyarakat setempat kerap mendengar suara jeritan pilu gadis itu. Itu sebabnya maka terowongan itu diberi nama The Screaming Tunnel, Warner Road. Sebab dari sinilah jerita perempuan sekarat kerap muncul.

2. Bessie Little Bridge, Dayton [Hantu Wanita Muda yang Hamil]

Jembatan ini juga dihuni oleh hantu gadis muda bernama Bessie Little. Hantu Bessie yang tewas dibunuh dalam keadaan hamil ini, kerap menampakkan diri di jembatan yang terdapat di jalan Ridge, Montgomery Country. Dia dibunuh di sana pada 27 Agustus 1896, oleh pacarnya, Albert J. Frantz. Bessie, dibunuh karena hamil, dan sang pacar menolak bertanggung jawab. Lalu, Albert menembak kepala Bessie, kemudian dengan licik ia mengatur seolah-olah Bessie mati bunuh diri. Yang aneh, ada dua luka tembakan, tentu tidak mungkin seorang yang hendak bunuh diri menembak dirinya dua kali. Ini hal yg mencurigakan. Pada November 19, 1897, kasus ini berhasil dibongkar, dan Albert si pelaku harus menemui ajalnya di kursi listrik lembaga pemasyarakatan Columbus, Ohio. Ia dihukum mati untuk pembunuhan tingkat pertama. Meski begitu, roh Bessie yang penaasaran terus menerus muncul di jembatan itu.

3. Ohio University, America

Kampus ini konon terdapat sejumlah bagian ruangan yang dihuni hantu. Wilson Hall, terkenal karena di sana seorang gadis yang kesurupan mati bunuh diri setelah sebelumnya menulis hal-hal supranatural di dinding dengan darahnya sendiri. Di sana ada lima kuburan yang berbentuk pentagram yang mengelilingi kampus, dengan gedung administrasi berada di tengah-tengah tanda setan. Sementara, Washington Hall, dikenal sebagai asrama para tim basket yang semuanya tewas kecelakaan dan hantu para pebasket itu sampai sekarang masih gentayangan di sana. Di sana kadang-kadang terdengar orang bermain basket.

Bagian lain yang berhantu adalah Jefferson Hall, di mana konon kerap terjadi penampakan hantu. Dan terakhir adalah Tidge, yang di masa lalu adalah rumah sakit jiwa di mana banyak kejadian aneh terjadi. Konon, di sana ada pasien tiba tiba menghilang tak tentu rimbanya dan baru ditemukan beberapa hari kemudian dengan tubuh yang mengerikan, dan noda darahnya sampai sekarang masih tertinggal.

· 4. Kelly Road, Ohioville, Pennsylvania

Satu mil bagian Kelly Road, Ohioville, Pennsylvania adalah daerah yang dilaporkan banyak orang bahwa telah terjadi hal-hal yang misterius. Disebutkan, jka seekor binatang masuk ke daerah misterius itu, yang tadinya binatang itu tenang tiba tiba berubah menjadi ganas. Dan itu pun terjadi bukan hanya pada hewan tapi juga manusia yang masuk ke sana.

Jalan ini gelap dan tak terkena cahaya matahari karena hutan yang bergitu lebat. Banyak yang menyebutkan pernah melihat penampakan berwarna putih atau mendengar suara suara mengerikan.Tak ada seorang pun yang tahu pasti kenapa jalan pendek itu menjadi ‘sarang hantu'. Namun ada teori yang menyebutkan hal itu berkaitan dengan kegiatan kegiatan di masa lalu di daerah itu, termasuk adanya kutukan terhadap tanah di sana.

5. Alcatraz Prison, San Francisco
Alcatraz Island San Francisco at sunset

Penjara ini memang telah mel egenda. Banyak cerita mengerikan datang dari penjara ini. Bahkan sebagian di antaranya pernah difilmkan. Penjara ini memang telah lama ditutup, tapi kisah mengerikan tentang Alcatraz tak pernah lekang oleh waktu. Penjara ini berada di sebuah pulau, yang diyakini sebagai pulau di mana segala kejahatan terjadi. Di sana pembunuhan, kecelakaan, bahkan kasus bunuh diri merajalela.

Dengan sejarah gelap ini, tak heran Alcatraz dikatakan menjadi salah satu tempat yang paling berhantu di dunia. Jika roh-roh itu kembali ke tempat di mana mereka mengalami pengalaman traumatis ketika mereka masih hidup, maka sudah pasti saat ini Alcatraz penuh sesak dengan roh-roh penasaran.

Selama bertahun-tahun berbagai laporan tentang Pulau Alcatraz masu, di antaranya berasal dari para pengunjung, mantan penjaga, mantan tahanan, dan karyawan layanan taman nasional. Menurut mereka saat berkunjung, melihat sesuatu di mercusuar, ada juga yang mengaku mendengar jeritan yang mengerikan,

Salah satu yang paling mengerikan adalah kisah mercusuar yang dibangun tahun 1854 yang telah roboh karena gempa bumi yang melanda San Francisco tahun 1906, tiba tiba muncul kembali. disertai suara mengerikan dan cahaya hijau berkedip yang dapat dilihat dari kejauhan. Lalu, semuanya hilang secara tiba tiba.

6. Scotland Edinburgh Castle

Istana megah yang dibangun pada abad pertengahan di atas batu karang, merupakan pemandangan yang menakjubkan. Namun di lorong lorong istana kerap muncul suara gema yang menakutkan. Itulah kerap yang membuat pengunjung Castle tua itu ketakutan.

ini biasanya Abad Pertengahan, bertengger di atas batu karang, memberikan pemandangan yang menakjubkan Skotlandia perbukitan. But inside the empty halls and narrow streets of Edinburgh, there are the echoes of the dead. Tapi di dalam ruang kosong dan jalan-jalan sempit Edinburgh, ada gema yang mati. Tempat berhantu lainnya adalah di kubah jembatan selatan dan Mary's King Close. Tempat itu dulunya merupakan tempat karantina yang terkena wabah dan akhirnya mati. Kisah lainnya yang dilaporkan adalah hantu anjing tanpa kepala yangh berkeliaran, juga hantu para tahanan tawanan perang Prancis dan Perang Kemerdekaan Amerika.


10 TEMPAT PALING INDAH DI INDONESIA

RADAR JAMBI: TONI.S


Berikut daftar 10 Tempat Paling Indah Di Dunia, Atau Terindah di Dunia :


Candi Borobudur merupakan salah satu candi Budha terbesar di dunia. Candi ini dibangun ketika Samaratungga – raja dari dinasti Syailendra memerintah di Jawa Tengah. Candi ini dianggap merupakan salah satu tujuh keajaiban dunia.

Candi Borobudur terletak di desa Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur sangat besar dan terdiri dari blok batu-batu besar dengan arsitektur yang sangat megah. Karena itu candi Borobudur saya tempatkan pada barisan pertama karena tingkat kesulitan pembuatannya.


2. Pulau Komodo



Pulau Komodo terletak di sebuah selat antara Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sumbawa di Nusa Tenggara Barat (NTB). Di Pulau Komodo terdapat kadal terbesar di dunia, yaitu biawak Komodo (Varanus komodoensis).

Komodo dipercaya sebagai sisa binatang purba Dinosaurus yang masih hidup. panjang komodo dapat mencapai 3 meter dengan berat bisa mencapai 140 kg. Pada peariran di pulau Komodo juga terdapat perairan yang termasuk keajaiban dunia bawah air.
Dasar laut perairan Komodo adalah yang terbaik di dunia, di permukaan laut menyembulnya daratan-daratan kering yang berbukit karang. Sangat pantas pulau Komodo dimasukan dalam daftar keajaiban di Indonesia.
3. Danau tiga warna Kelimutu

Danau ini oleh dunia disebut sebagai salah satu dari sembilan keajaiban dunia. Danau tiga warna terletak di Gunung Kelimutu, Flores,NTT. Di sana ada tiga danau yang berdekatan namun dengan warna-warna yang berbeda.
Danau kawah tersebut adalah Tiwu Ata Polo (danau merah), Tiwu Nua Muri Kooh Fai (danau hijau) dan Tiwu Ata Mbupu (danau biru). Danau Kelimutu merupakan satu-satunya danau di dunia yang airnya dapat berubah setiap saat, dari merah menjadi hijau tua dan kemudian merah hati, hijau tua menjadi hijau muda, coklat kehitaman menjadi biru langit. Fenomena alam ini merupakan keajaiban.
4. Puncak Jayawijaya dan Carstenz

Puncak yang juga terdaftar sebagai salah satu dari tujuh puncak benua (Seven Summit) yang sangat fenomenal dan menjadi incaran pendaki gunung di berbagai belahan dunia. Puncak Jayawijaya terletak di Taman Nasional Laurentz, Papua. Puncak ini diselimuti oleh salju abadi. Salju abadi di Puncak Jayawijaya merupakan satu dari tiga padang salju di daerah tropis yang terdapat di dunia. Di negeri kita yang dilalui garis khatulistiwa ini, menyaksikan adanya salju di Indonesia tentunya sesuatu yang mustahil untuk bisa dimengerti. Carstenz Pyramid (4884 mdpl) adalah salah satu puncak yang bersalju tersebut. Puncak tertinggi di Asia Tenggara dan Pasifik ini terletak di rangkaian Pegunungan Sudirman. Puncak ini terkenal tidak hanya karena tingginya, tetapi juga karena terdapat lapisan salju di puncaknya.
5. Prambanan

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Candi Prambanan terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Candi ini dibangun pada sekitar tahun 850 Masehi.
Arsitektur bangunan ini sangat megah dan terdapat candi-candi baik besar maupun kecil pada Komplek Candi Prambanan ini. Juga ada legenda bahwa candi-candi tersebut hanya dibuat dalam satu malam saja oleh kesaktian Bandung bondowoso sebagai syarat mempersunting Loro Jonggrang.
Tapi bukan karena legenda itu Prambanan dimasukkan dalam daftar ini tapi karena kehebatan arsitekturnya yang memukau dunia.
6. Pulau Bali

Pulau ini termasuk salah satu pulau terindah di Dunia. Pulau Bali merupakan pulau wisata terbaik di dunia. Obyek-obyek wisata di pulau Bali seperti Kintamani, Pantai Kuta, Danau Batur, Goa Gajah, Tampak Siring, Bedugul, Tanah Lot dan sebagainya. Pulau ini dimasukkan dalam daftar ini karena banyak tempat yang sangat menakjubkan dengan arsitektur bangunan dan keindahan alam di pulau ini yang juga sudah diakui dunia.
7. Bromo


Gunung Bromo merupakan salah satu gunung dari lima gunung yang terdapat di komplek Pegunungan Tengger di laut pasir. Daya tarik gunung ini adalah merupakan gunung yang masih aktif.

10. Danau TobaObyek wisata Gunung Bromo ini merupakan fenomena alam dengan Kekhasan gejala alam yang tidak ditemukan di tempat lain adalah adanya kawah di tengah kawah (creater in the creater) dengan hamparan laut pasir yang mengelilinginya.
8. Toraja


Toraja terletak Sulawesi Selatan. Tanah Toraja sangatlah unik, terutama dalam hal penguburan mayat. Mayat-mayat tidak dikubur, tetapi diletakkan di dalam gua-gua di bukit batu.
Mayat-mayat ini ditemani oleh patung-patung yang menggambarkan orang yang meninggal tersebut. Di sini terdapat kuburan di bukit batu. Salah satu bentuk kuburan adalah kuburan batu yang dibuat di bagian atas tebing di ketinggian bukit batu.
Menurut kepercayaan animisme Aluk To Dolo di kalangan orang Tana Toraja, makin tinggi tempat ditaruhnya mayat tersebut makin cepat rohnya bertemu dengan Tuhan atau surga.

9. Krakatau



Gunung Krakatau yang letusannya pernah mengguncangkan bumi. Gunung berapi ini pernah meletus pada tanggal 26 Agustus 1883. Letusannya sangat dahsyat dan juga menimbulkan tsunami yang menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Suara letusan gunung Krakatau sampai terdengar di Alice Springs, Australia dan pulau Rodrigues dekat Afrika. Gunung Krakatau berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra. Bahkan debunya dikatakan sampai ke luar angkasa. Walaupun Krakatau sudah tidak berbahaya seperti dulu lagi (mudah-mudahan) tapi sejarahnya merupakan salah satu keajaiban alam tersendiri.



Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa Danau Toba dulunya adalah sebuah gunung berapi. Danau ini berada di bekas kawah supervolcano terbesar di dunia. Gunung Toba diperkirakan meletus pada 73 ribu tahun lalu. Letusan ini tercatat sebagai letusan Gunung api terbesar yang mempengaruhi iklim di seluruh dunia. 




Gunung yang mempunyai ketinggian mencapai + 3.805 m dari atas permukaan laut ini menjulang sendiri diantara perbukitan disekitarnya. Gunung yang begitu mempesona banyak memberi inspirasi bagi kita untuk melakukan pertualangan untuk mengetahui lebih jauh kekayaan aneka flora dan faunanya. Gunung Kerinci ini merupakan gunung tertinggi di Indonesia. Lokasi : Terletak diperbatasan Kab. Solok Selatan dan Kab. Kerinci.


Taman Nasional Kerinci SEBLAT


Adalah Taman Nasional yang terletak pada 4 Provinsi yaitu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu. Di dalamnya kita bisa menyaksikan keaneka ragaman Flora dan Fauna yang dilindungi oleh Dunia. Binatang-binatang liar seperti Harimau, Beruang, ular dan lainnaya hidup bebas disini. Selain itu anda akan menjumpai Tumbuhan Langka seperti Bunga Raflesia Arnoldi dan sejenis bunga Anggrek liar.(http://bisnisukm.com/potensi-pariwisata-kabupaten-solok-selatan-sumatera-barat.html)

Kawasan TNKS merupakan hutan belantara tropis yang asli, mempunyai luas areal 1.368.000 ha. Terbentang di empat wilayah provinsi yaitu Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu dan Jambi. Empat puluh lima persen (45%) dari kawasan TNKS atau 422.190 ha. berada di wilayah provinsi Jambi membentang dari wilayah kabupaten Bungo, Tebo, Sarolangun, Merangin dan Kerinci. Sedangkan pusat daya tarik kawasan TNKS terletak di kabupaten Kerinci dengan jarak ±491 km dari kota Jambi. Luas TNKS di Kabupaten Kerinci mencapai 215.000 ha. yang merupakan enclave terbesar didunia dan juga sebagai kawasan konservasi/hidrologi serta memiliki potensi alam berupa beraneka ragam hayati daerah tropis dan budaya yang sangat menarik.

Jenis fauna yang terdapat dikawasan TNKS terdiri dari berbagai jenis mamalia, burung, reptil, amphibi dan primata serta beberapa satwa langka yang dilindung. Tak kalah menarik dari itu semua adalah terdapat berbagai jenis flora yang mencapai sekitar 4000 spesies, yang spesifik diantaranya adalah Pinus Mercusii Strain kerinci, Kayu Pacet (Harpullia Arborea) yang memiliki warna yang sangat menarik. Bunga raflesia (Raflesia Arnoldi), Bunga Bangkai (Amorphophalus Titanum) yang merupakan bunga tertinggi di dunia.

Kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli ini dikelola dengan sistem zonasi dan dimanfaatkan untuk kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang kebudayaan, rekreasi dan pariwisata. Sedangkan fungsinya sebagai penyangga sistim kehidupan, pengawasan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya serta pemanfaatan secara lestari sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

Dikawasan ini terdapat gunung vulkano aktif tertinggi di pulau Sumatera yaitu Gunung Kerinci (3.805m dpl). Kawasan TNKS banyak memiliki objek wisata yang mengagumkan seperti danau dan air terjun.
Air Terjun Timbulun Koto Birah
Air terjun dengan ketinggian 20 m ini terletak di Koto Baru , Kecamatan Sungai Pagu. Air terjun ini terdiri dari 7 tingkat. Keindahan pemandangan yang di ciptakan oleh air terjun ini adalah curahkan air yang terus menerus menimbulkan gemuruh dan semburuh embun yang membuat sejuk. Apalagi ditunjang dengan kondisinya yang masih alami dan masih perlu pengembangan. Lokasi : Terletak di Jorong Koto Birah Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu. Sekitar + 2.5 km dari jalan Raya Pekan Selasa Muara Labuh, dan + 30 km dari Padang Aro.



elama ini penikmat wisata atau petualang hanya mengenal kabupaten Solok Selatan dengan agrowisata kebun teh milik PT Mitra Kerinci. Kebun teh seluas 1.500 hektare, menyajikan pemandangan hijau, akibat hamparan tanaman teh yang luas. Selain tanaman teh, diantara bedengan tanaman teh diselingi tanaman Andong dengan warna merah tua sebagai batas jarak petik teh, menambah keindahan kebun teh yang menyelimuti kaki Gunung Kerinci.

Dalam kawasan ini, terdapat air terjun Tangsi Ampek yang terdiri dari dua tingkat. Tingkat pertama memiliki ketinggian 15 meter dan tingkat kedua dengan tinggi 10 meter yang berjarak 5 meter dari air terjun tingkat pertama. Untuk menjangkau tempat ini, bisa dijan gkau dengan kendaraan roda empat atau roda dua. Lokasi terletak di Jorong Sungai Lambai, Nagari Lubuak Gadang, Kecamatan Sangir. Dari ibukota kabupaten, Padang Aro jaraknya tak lebih dari 5 km. Dari Padang, jaraknya lebih kurang 158 kilometer.



Selain air terjun tersebut, juga terdapat air terjun Timbulun dengan ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini adalah bagian dari aliran batang Liki. Lokasinya pun sangat strategis. Sebab, letaknya tak jauh dari jalan Raya Muara Labuh menuju Padang Aro. Kalau dari arah kota Padang, lokasi ini terlekat di sebelah kanan. Dari Nagari Lubuk Gadang jaraknya tak lebih dari 2 kilometer sama dengan jaraknya dari Padang Aro. Dari Kota Padang sendiri, berjarak sekitar 161 km, atau sekitar 3 sampai 4 jam perjalanan.

Wisata petualangan air terjun di Solok Selatan, dilanjutkan ke air terjun Timbulun Koto Birah. Memiliki ketinggian 20 meter, air terjun ini terletak di Koto Baru, kecamatan Sungai Pagu. Menariknya, air terjun ini terdiri dari 7 tingkat. Dari jarak 1 kilometer menjelang air terjun ini kita disambut gemuruh air terjun tersebut. Semburan embun yang membuat sejuk, ditambah dengan kondisinya yang masih alami, sedikit sentuhan jelas akan menjadi objek wisata yang asyik untuk dinikmati. Dari jalan Raya Pekan Selasa Muara Labuh, jaraknya sekitar 2,5 kilometer atau 30 kilometer dari Padang Aro.

Air Terjun Lembah Anai

Masih dengan ketinggian yang sama, air terjun Talang Sepintir berada di areal perkebunan kelapa sawit dan berbatasan langsung dengan perkebunan karet milik rakyat. Sekitar 100 meter dari air terjun ini terdapat hamparan lahan kosong dengan luas sekitar 2 hektare. Lahan ini dapat digunakan sebagai lokasi berkemah atau kegiatan out bond lainnya. Dari sini kita dapat menyaksikan liukan bumi berupa barisan bukit-bukit yang memgelilingi areal tanaman perkebunan sawit.

Pemandangan ini tersadi di Kenagarian Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Jujuan, 27 kilometer dari Padang Aro atau 19 0 kilometer dari Padang. Jauh memang, tapi rasanya tidak rugi dengan sajian yang akan kita temui di sini. Untuk mencapai lokasi ini, dapat di tempuh dengan kendaraan roda 2 atau roda 4.

Berlanjut ke air terjun Ulu Suliti, air terjun dengan ketinggian 40 meter ini terletak di perbatasan Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Solok. Dari ketinggiannya, dapat kita ketahui sebagai air terjun tertinggi di Kabupaten Solok Selatan. Untuk mencapai ke lokasi, kita bisa menikmati jalur tracking (jalan kaki) sepanjang 5 kilometer. Jalur ini terletak di tapal batas Kabupaten Solok Selatan dengan Kabupaten Solok, tepatnya di jorong Ulu Suliti, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, sekitar 55 kilometer dari Padang Aro.




Kembali ke Sungal Lambai, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, terdapat Aia Malanca. Disebut demikian karena aliran tersebut merupakan air yang mengalir di atas batu karang yang cekung. Dengan kondisi demikian, kita bisa berselancar (malanca) di atas alirannya. Untuk mencapai lokasi ini, kita bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jaraknya sekitar 8 kilometer dari Padang Aro.

Selain itu, masih ada air terjun Batang Daun, dengan ketinggian kurang lebih 15 Km. Letaknya di Taratak Baru Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Jujuan. Air terjun Lambe, yang terletak di balik bukit juga tak pantas untuk dilewatkan. Air terjun ini terletak di di jorong Pint i Kayu Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang di Ateh, kurang lebih 55 kilometer dari Padang Aro.

Jika air terjun terlalu ekstrim untuk diarungi, tidak dengan aliran arung jeram batang Liki. Kegiatan arung jeram dimu lai dari start point dengan kondisi arus yang cukup deras dan berbatuan yang t erdapat di kiri dan kanan sungai.

Selanjutnya arung jeram beralih ke batang Sangir. Arus deras Batang Sangir di kenal sebagai arus yang cukup menantang bagi para pengemar olah raga ini. Sebab, tingkat kesulitannya cukup tinggi, hingga gradien lima. Perjalanan arung jeram akan berakhir di sungai Batang Hari.



Lokasi arung jeram terdapat dimulai dari nagari Lubuk Gadang. Batang Liki terletak di jorong Liki, sekitar 3 kilometer dari Padang Aro atau 160 km dari Padang. Sementara, batang Sangir terletak di jorong Sampu sekitar 2 km dari Padang Aro atau 165 km dari Padang. Aliran sungai ini mengalir ke sungai Batang Hari di Nagari Lubuk Ulang-Aling, 79 kilometer dari Padang Aro atau 242 kilometer dari Padang.

Menikmati keindahan alam Kabupaten Solok Selatan di rentang gugusan bukit barisan, tak akan cukup dalam satu hari saja. Dalam perjalanan dari Padang menuju ke Solok Selatan, akan kita nikmati hamparan keindahan lereng-lereng bukit dengan beraneka ragam tumbuhan hutan tropis. Selain suguhan pemandangan bukit-bukit yang menghijau, di sepanjang jalan anda juga dapat menemui puluhan sungai yang mengalir jernih. (dari berbagai sumber)Sumber : Padang Ekspres

Air Terjun Ulu Suliti Air Terjun dengan ketinggian 40 m terletak di perbatasan Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Solok. Merupakan Air Terjun Tertinggi di Kabupaten Solok Selatan. Untuk mencapai ke Lokasi ini, kita harus berjalan kaki sejauh 5 Km dari Tapal Batas Kabupaten Solok Selatan dengan Kabupate Solok. Lokasi : Terletak di Jorong Ulu Suliti, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, sekitar 55 Km dari Ibu Kota Kabupaten Solok Selatan, Padang Aro.

Pemandian Air Panas Sapan Maluluang Pemandian Air Panas ini merupakan Sumber Air Panas Bumi yang terbesar di Kabupaten Solok Selatan, dengan suhu sekitar 65°C. Untuk menuju ke lokasi ini kita bisa menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4. Lokasi : Terletak di Jorong Ampalu Nagari Alam Pauh Duo Kecamatan Sungai Pagu.

Sumber Air Panas Mudiak Sapan Sumber Air Panas ini adalah Sumber Air Panas yang paling tinggi suhunya mencapai 95°C. Masyarakat sekitar biasanya memanfaatkan panas bumi ini untuk merebus sesuatu seperti telur atau bahan makanan lainnya. Disamping itu, sebagian Masyarakat juga menggunakan tenaga panas bumi ini untuk menjemur padi. Lokasi : Terletak di Jorong Balun Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Di Ateh.

Kawasan Wisata Golden Arm Merupakan Dataran tinggi yang terletak di perbatasan Kabupaten Solok Selatan dengan Kabupaten Kerinci. Dari sini kita bisa melihat Dataran yang berbukit yang tanami dengan Tanaman Casiavera atau Kulit Manis, Karet dan Tanaman Perkebunan lainnya. Lokasi : Terletak di Golden Arm Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, sekitar 14 Km dari Ibu Kota Kabupaten Solok Selatan, Padang Aro.

10 TEMPAT WISATA MISTERIUS DUNIA

RADAR JAMBI: TONI.S

Dunia kita penuh dengan tempat misterius yang menyembunyikan rahasia mereka dalam debu-debu peradaban yang ada. Kastil kuno, patung atau kuli sakral, tanah tersembunyi, dan berbagai tempat yang berhak mendapat perhatian lebih dari mereka yang gemar bertualang. Mari kita mulai bertualang dari satu tempat misterius ke tempat lainnya.

1. Pulau Paskah atau Skidwort Island.
Pulau ini berada di antara Tahiti dan Chili, dan meraih popularitas internasional karena patung kolosal yang luar biasa berbentuk wajah manusia. Tiap patung tingginya adalah 14 kaki (sekitar 4 meter), berat sekitar 1,4 ton dan terbuat dari batu vulkanis, dan merupakan hasil karya dari masyarakat Rapa Nui. Sampai sekarang belum diketahui bagaimanakah patung ini dibuat dengan teknologi primitif yang dimiliki masyarakat tersebut. Ada berbagai teori mengenai asal patung dan artinya, termasuk salah satunya adalah teori fantastis yang mengatakan bahwa patung ini dibuat oleh UFO. Tapi, sampai sekarang kebenaran dari semua teori yang ada belum terungkap. Akankah anda menjadi salah satu yang bisa mengungkapnya?



2. Piramida Mesir.
Salah satu tempat paling misterius dan ajaib di planet. Berada di Afrika Utara, negara ini memiliki lebih dari 80 piramida yang tersebar di sepanjang sungai Nil. Masing-masing tingginya mendekati 100 meter, dan terbuat dari batu raksasa dengan berat masing-masing mencapai 100 ton. Sampai sekarang legenda mengenai piramida masih mengundang berbagai gosip baru, mitos dan kepercayaan baru juga bermunculan. Dari semua piramida, yang tertinggi adalah Piramida Cheops. Semua piramida dibangun hanya dengan menumpuk satu batu diatas batu lainnya. Tidak ditemukan lem, paku, atau perekat apapun digunakan dalam pembuatan piramid. Semua batu entah bagaimana saling pas, sehingga sangat susah ditemukan adanya retakan atau celah. Permasalahan mengenai teknik pembangunan yang digunakan juga belum terjawab sampai saat ini. Jadi jika anda memang mencari misteri, Piramida-piramida Mesir akan tetap memberikan misteri bagi anda.


3. Segitiga Bermuda.
Di Atlantik Barat laut, terletak Segitiga Bermuda. Dalam segitiga ini terdapat 7 pulau besar dan 150 pulau kecil yang sebenarnya adalah gugusan karang. Segitiga ini juga disebut sebagai segitiga setan - semua alat teknologi tinggi dan semua alat navigasi tidak bekerja dengan benar di tempat tersebut. Seringkali bahkan komunikasi dengan dunia diluar segitiga ini menjadi masalah. Tidak ada yang tahu mengapa dan bagaimana mencegah hal ini. Jadi, jika anda memang berani, siapa tahu anda menjadi yang pertama memecahkan misteri ini.


4. Antartika.
Antartika adalah tempat yang sangat tidak ramah untuk dihuni. Begitu banyak perubahan dan fenomena yang sampai sekarang menjadi rahasia besar buat sebagian besar dari kita. Antartika juga memiliki banyak misteri, dari 14 juta kilometer benua tertutup salju dan es dengan ketebalan antara 2000 sampai 4800 meter, ada juga pulau yang kering total, dan disebut “Lembah kering tanpa salju”. Jadilah saksi hidup untuk fenomena ini!


5. Xinjian.
Di kota ini, ada daerah terbengkalai yang disebut “Moguicheng” atau kota iblis. Beberapa kastil di Moguicheng menimbulkan suara aneh yang tidak jelas darimana asalnya. Jika anda mendekati kota iblis ini di hari panas dengan angin sepoi-sepoi, anda akan mendengarkan ritme manis, seperti 10 juta bel kecil atau 10 juta gitar bermain bersama dengan indahya. Tapi jika angin kencang mendekat, maka suara yang timbul akan bagaikan raungan singa, tangis bayi atau lolongan serigala.


6. Stonehenge.
Stonehenge adalah susunan batu misterius di daerah pinggiran Inggris. Tidak ada yang tahu tujuan dibangunnya apa, apakah istana, atau tempat pemujaan, atau kuil atau mungkin tanda adanya UFO? Coba anda kunjungi, siapa tahu anda bisa memecahkan misterinya!


7. Henan.
Di Henan, Cina, anda akan menemukan daerah anomali geotermal yang disebut “bingbing bei” atau punggung es. Semua wilayah Cina memiliki perubahan musim yang normal. Di daerah barat Propinsi Liaoning, Cina, memiliki suhu hangat yang tetap. Tapi pada saat musim panas datang, maka mulailah fenomena ajaib ini. Ketika suhu udara mencapai suhu 30 derajat Celsius dan matahari bersinar dengan cerahnya, perubahan besar- besaran terjadi, dan temperatur di satu meter dibawah tanah mencapai -12 derajat Celsius, sehingga tanah membeku dan semua air berubah menjadi es.


8. Air Terjun Niagara.
Air Terjun ini terkenal sebagai tujuan turis. Keajaiban alam ini terletak di perbatasan Kanada dan Amerika. Air terjun ini meliputi daerah seluas 250.000 mil persegi dan aliran airnya dapat mencapai 250.000 kaki kubik perjam.


9. Geyser.
Geyser adalah aliran air hangat yang menyembur ke permukaan tanah. Geyser selalu tampak menarik dan misterius. Salah satu tempat di Reykjavik, ibukota Islandia, terkenal dengan geysernya yang mencapai diameter 20 meter dan ketika hujan, anda bisa menemukan pemandangan yang mengerikan: aliran air yang menyembur luar biasa sehingga mencapai ketinggian 70 meter. Jika anda mengunjungi Cina, dan menunggu di sekitaran Geyser di sungai Yangbo, Tibet. Geyser yang ada dapat menyembur dengan suara yang mengejutkan setiap beberapa menit sekali. Diameter semburan air panas ini mencapai 2 meter dan ketinggian semburannya dapat mencapai 20 meter.

10. Pulau Arran dan Orkney.
Dua pulau di Skotlandia ini adalah harta rahasia sejarah terpenting. Dua pulau ini terletak di lautan Skotlandia yang dingin, kedua pulau ini menarik turis dengan sejumlah kastil, reruntuhan, lingkaran-lingkaran batu dan kuil-kuil kuno. Jika anda suka dengan periode abad pertengahan. Kedua pulau ini wajib ada dalam daftar kunjungan anda

BUNGA ANEH DI DUNIA

RADAR JAMBI: TONI.S



Bunga yang satu ini tinggi besar, bahkan lebih tinggi dari manusia. Nah.. bunga yang ini yang ternyata mendapat julukan bunga bangkai, karena selain baunya yang memang mirip bangkai, juga warnanya meniru daging yang membusuk. Bunga ini ternyata juga dikenal luas di masyarakat dunia sebagai salah satu tumbuhan asli Indonesia.


Tanaman merupakan salah satu pelengkap hidup manusia. Tanaman membantu penyerapan air juga menyediakan oksigen untuk manusia dan hewan. Beberapa diantaranya biasa kita tanam di halaman rumah kita. Tapi ada beberapa spesies tanaman Yang memiliki karakteristik khusus yang aneh, yang tidak biasa kita temukan, dan beberapa di antaranya sangat langka.


1. Welwitschia mirabilis: Tanaman dengan Daya Tahan Luar Biasa Bentuknya tidak enak dilhat, tapi tanaman yang satu ini benar-benar unik. Tanaman asal Namibia ini hanya memiliki dua daun dan sebuah batang dengan akarnya. Dua daun itu terus tumbuh membesar mirip alien. Batangnya akan membesar bukannya meninggi lagi.





Tanaman ini akan tumbuh hingga bisa mencapai lebar 8 meter dengan tinggi 2 meter. Umurnya bisa mencapai 400 hingga 1500 tahun dan tidak akan mati meski tidak ada hujan selama 5 tahun. Rasanya sangat menyengat baik mentah maupun sudah
dimasak, dan karenanya diberi nama Onyanga, yang berarti bawang gurun.



Venus si Perangkap Lalat ini merupakan tanaman karnivora yang paling dikenal karena perangkap alami uniknya yang aktif dan efisien. Dua daun yang menempel pada tanaman ini dipenuhi oleh bulu-bulu ultra sensitif yang mendeteksi keberadaan apa saja dari
semut, lalat, atau jenis serangga lainnya. Begitu ada yang menyentuh bulunya, perangkapnya akan bekerja dalam waktu kurang
sedetik.



Tanaman ini eksotis, sangat langka, tapi warnanya kurang cantik, berbintik, namanya Rafflesia Arnoldi salah satu dari 16 spesies genus Rafflesia, bunga terbesar di dunia. 16 spesies yang diketahui dapat
ditemukan hanya di

Rafflesia Arnoldii, belakangan dimasukkan ke dalam familiEuphorbiaceae, bisa berdiameter hingga 1 meter dengan berat mencapai 7-11 kg.
Bunganya akan mekar hanya dalam waktu 3 hari hingga seminggu saja. Saat mekar bunga ini akan mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat hingga di Indonesia bunga ini dinamakan bunga bangkai. Baunya yang khas mengundang serangga penyerbuk datang dan itu membuatnya dapat bergenerasi dan hanya 10-20 persen dari semaian yang akan berhasil dan dalam 9 bulan, dengan sedikit kebruntungan, akan mekar kembali.
4. Desmodium gyrans: Tanaman yang Menari

Darwin menyebutnya Hedysarum, botanis moderen menyebutnya Desmodium Gyrans, atau tepatnya, Codariocalyx Motorius. Orang menyebutnya Runmput Menari atau Tanaman Telegraf atau tanaman Semaphore, karena gerakan daunnya yang seperti menari atau seperti gerakan kode semaphore. Tanaman ini termasuk yang mudah tumbuh dan akan "menari-nari" pada saat banyak sinar matahari atau dalam keadaan kering. Gimana menarinya, lihat saja videonya di bawah ini:


Euphorbia Obesa, dijuluki juga tanaman Baseball, biasa tumbuh di
great
Karoo, Afrika Selatan. Populasinya mulai terancam seiring sering diburunya tanaman ini oleh para kolektor tanpa memikirkan penanamannya kembali. Ini membuat beberapa organisasi dalam dan luar negeri bereaksi untuk melindunginya. Meski di habitat
aslinya Euphorbia obesa ini masih terancam, saat ini sudah banyak pertanian yang membudidayakannya, sehingga
mereka juga turut memastikan bahwa yang diperdagangkan para kolektor bukan yang berasal dari alam.

Bunga ini tingginya bisa lebih dari tinggi seorang pria dewasa, dan mengeluarkan aroma busuk yang menyengat pula. Dinamakan Titan Arum, di Indonesia dijuluki pula sebagai "bunga bangkai" karena baunya itu. Bunga ini merupakan fenomena langka dan berkembang biak berkat bantuan dari serangga penyerbuk yang datang karena baunya.


Baobab adalah nama umum dari satu genus Adansonia yang terdiri dari 8 spesies pohon, aslinya dari Madagascar. Juga dikenal sebagai pohon Botol, bukan hanya karena bentuknya yang memang mirip botol, tapi pohon ini juga biasanya mampu menampung air sekitar 300 liter. Tidak heran umur pohon ini bisa mencapai 500 tahun.


Dracaena Cinnabari atau Pohon Naga berasal dari kepulauan Socotra. Biasa disebut juga Pohon Darah Naga dan Pohon Naga Socotra. Pohon ini salah satu pohon teraneh di kepulauan Socotra, dengan bentuknya yang seperti payung. Pertama kali dipublikasikan oleh Isaac Bayley Balfour tahun 1882. Kalau diperhatikan, pohon ini pernah menjadi icon di Windows sebagai icon Network. Darah naga diambil dari warna getah merahnya, dan bisa dijadikan obat atau bahan pewarna celup.
9. Selaginella lepidophylla: Tanaman yang Bangkit Kembali



Disebut juga sebagai Mawar dari Jericho, Selaginella Lepidophylla merupakan spesies dari tanaman gurun karena kemampuannya bertahan hidup meski diawetkan dengan pengeringan sekalipun. Selama cuaca kering di habitat aslinya, batangnya akan mengkerut menjadi sebuah bola kecil dan terurai kembali saat diekspos ke tempat lembab. Aslinya tumbuh di gurun Chihuahuan.


10. Mimosa pĂșdica: si Putri Malu



Yang satu ini tidak aneh di sini. Banyak ditemukan di daerah tropis dan juga di Amerika Selatan dan Tengah. Saat disentuh atau digoyangkan daun-daunnya akan mengkuncup dan akan membuka kembali dalam beberapa menit. Seperti punya feeling..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar