Locations of visitors to this page HBA: Letusan Merapi Lava Pijar Merapi Mengalir ke Tiga Arah

HASAN BASRI AGUS DAN FACHRORI

HASAN BASRI AGUS DAN FACHRORI
JAMBI TEMPO DOELOE

Senin, 08 November 2010

Letusan Merapi Lava Pijar Merapi Mengalir ke Tiga Arah

HBA

 
 
Lelehan lava pijar Gunung Merapi terlihat dari Desa Balerante, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, Senin (1/11/2010). Gunung Merapi mengeluarkan awan panas pada siang harinya dan mengakibatkan kepanikan pengungsi yang sedang berada di sejumlah barak pengungsian.

 Gunung Merapi masih meluncurkan guguran lava pijar dan awan panas ke tiga sisi lereng hingga Minggu (7/11/2010) pukul 16.15 WIB. Dari pengamatan visual yang diinformasikan melalui jaringan radio komunikasi, guguran lava pijar Merapi mengarah ke selatan, tenggara, serta barat daya.
"Kekuatannya sedang. Guguran menimbulkan suara gemuruh. Angin di atas bertiup ke timur laut," demikian laporan radiokom dari pantauan visual pos-pos warga di radius jangkauan pandang sisi selatan dan tenggara.
Sebelumnya, sekitar pukul 15.00 terpantau secara visual, terjadi semburan material vulkanik secara vertikal. Indikasi kuatnya energi Merapi yang masih tersimpan terdeteksi dari bunyi sinyal telemetri seismograf yang bisa dimonitor
Sedangkan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tetap menetapkan radius bahaya letusan Merapi masih 20 kilometer dari puncak Merapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar