Locations of visitors to this page HBA: GLADI BERSIH KEDATANGAN BARACK OBAMA

HASAN BASRI AGUS DAN FACHRORI

HASAN BASRI AGUS DAN FACHRORI
JAMBI TEMPO DOELOE

Minggu, 07 November 2010

GLADI BERSIH KEDATANGAN BARACK OBAMA

HBA
Obama ke Jakarta
 
Sabtu, 6 November 2010 | 13:36 WIB
 
Presiden AS Barrack Obama
Sabtu (6/11/2010) siang, Taman Makam Pahlawan mulai bersiap menyambut Hari Pahlawan yang jatuh pada Rabu (10/11/2010). Namun, ada yang berbeda dari penyelenggaraan peringatan hari pahlawan kali ini. Pasalnya, tak hanya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan hadir di Kalibata, orang nomor satu di Amerika Serikat, Presiden Barack Obama, pun juga akan menyambangi areal ini.
Informasi yang dihimpun Kompas.com di TMP Kalibata, gladi bersih untuk pengamanan di luar akan dilakukan pada pukul 12.00 WIB. Sejumlah perwakilan pejabat negara akan melakukan simulasi singkat di sini. "Nanti baru Senin itu gladi bersih semuanya mulai dari pengamanan luar, pasukan, sampai acara di dalam," ujar salah seorang petugas.
Oleh karena itu, TMP Kalibata saat ini akan ditutup untuk umum selama gladi bersih berlangsung. Gladi bersih kedua juga akan kembali dilakukan pada Senin (8/11/2010) dengan seluruh pasukan pengamanan dan protokoler istana minus Inspektur Upacara.
Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, proses pengamanan di TMP Kalibata ini melibatkan pasukan pengamanan dari pemerintah AS. "Tadi sudah datang ada empat orang dari perwakilan Amerika sepertinya mereka lagi survei," ujar petugas tersebut.
Namun, ia mengaku pengamanan ini sama saja seperti tahun sebelumnya tidak ada yang berlebihan dengan adanya kedatangan Obama. "Kalau Obama bawa pasukan sendiri kita nggak tahu," ujarnya.
Adapun, selain gladi bersih yang dilakukan paspampres, petugas kebersihan pemakaman juga tengah mempercantik komplek pemakaman pahlawan tersebut. Gapura pintu gerbang depan tampak tengah dicat ulang, demikian pula dengan tembok-tembok di pelataran parkir.
Adapun, Obama direncanakan akan meletakkan karangan bunga di TMP Kalibata sekitar pukul 11.00 WIB, sementara Presiden SBY akan hadir lebih awal di pagi harinya sekitar pukul 08.00 WIB. Sterilisasi akan dilakukan pada Selasa (9/11/2010) malam hingga Rabu (10/11/2010), jalan TMP Kalibata akan ditutup dari segala aktivitas warga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar