Locations of visitors to this page HBA: PSK DI CEK KESEHATAN NYA KARNA ADA INVEKSI MENULAR SEKSUAL DAN HIV AIDS

HASAN BASRI AGUS DAN FACHRORI

HASAN BASRI AGUS DAN FACHRORI
JAMBI TEMPO DOELOE

Selasa, 09 November 2010

PSK DI CEK KESEHATAN NYA KARNA ADA INVEKSI MENULAR SEKSUAL DAN HIV AIDS

HBA

 

 

Sintang,
Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Kamis melaksanakan kegiatan pengecekan kesehatan bagi pekerja sek komersial yang tinggal di sejumlah penginapan terapung di pinggiran Sungai Kapuas di Kelurahan Kapuas Kanan Hulu

Kegiatan pengecekan itu dilaksanakan Puskesmas Sungai Durian dan dibantu Bagian Sosial Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, staf Kelurahan Kapuas Kanan Hulu, Satuan Polisi Pamong Praja Pol PP beserta tim dari Polsek Sintang Kota dan berhasil memeriksa 12 orang yang tinggal di penginapan Lanting Fitri dan Lanting Bintang.

Lurah Kapuas Kanan Hulu Kecamatan Sintang, Jum`anudin mengatakan kegiatan itu difokuskan pada penginapan terapung lanting yang ada di kelurahannya.

"Kita pilih penginapan lanting karena arus keluar masuk orang di kawasan ini lebih cepat," ujarnya.

Namun menurutnya, kedepan akan dilakukan kegiatan serupa untuk kawasan mangkal PSK lainnya.

"Kita lakukan bergilir dan rutin pada sejumlah tempat mangkal PSK sebagai upaya pencegahan penularan penyakit kelamin," imbuhnya.

Kepala Puskesmas Sungai Durian, Pio Agatho Patriadi mengatakan semua kalangan terutama kalangan beresiko tinggi di Sintang cukup rentan mengalami penularan Infeksi Menular Seksual (IMS).

"Kegiatan ini sebagai upaya pencegahan sehingga kami lihat perlu untuk dilakukan pengecekan kesehatan pada lokasi yang diduga merupakan tempat mangkal para PSK ini," kata Pio di Sintang, Kamis.

Ia mengatakan, jika dalam pengecekan kesehatan itu ada yang positif menderita IMS maka pembinaan akan dilakukan agar tidak menular pada orang lain.

"Kalau ternyata ada yang positif HIV maka kita sarankan untuk berkonsultasi di klinik VCT yang ada di rumah sakit," imbuhnya.

Menurutnya, penyakit menular seksual tentunya tidak hanya di dominasi oleh kalangan PSK sehingga diharapkan masyarakat juga agar tidak malu untuk datang ke tempat pelayanan kesehatan terdekat untuk memeriksakan diri.

"Ini penting dilakukan agar kita bisa mendeteksi lebih awal dan memungkinkan untuk dilakukan upaya penyembuhan,? jelasnya.

Menurut dokter gigi yang telah lama bertugas di Sintang ini, Puskesmas Sungai Durian yang berada di Kelurahan Kapuas Kanan Hulu juga memiliki klinik khusus untuk penularan IMS.

"Datang dan cek kesehatan di klinik dan kami jamin kerahasiaan hasil pengecekannya," kata dia.

Menurutnya, pengecekan kesehatan bagi PSK ini rutin dilakukan oleh Puskesmas Sungai Durian sebagai upaya pencegahan penularan.

Namun yang jadi persoalan PSK nya ada yang datang dan ada yang pergi sehingga jadi kendala pemeriksaan banyak diantaranya tidak menetap," imbuhnya.

Pengelola Penginapan Lanting Bintang, Alexander (30) menyambut baik kegiatan itu.

"Cuma saya perlu tekankan juga kalau penginapan ini bukan tempat menampung PSK, hanya sebatas usaha penginapan saja," jelasnya.

Ia mengaku kebanyak masyarakat yang menginap di penginapannya berasal dari luar Sintang.

"Tarif kami murah, hanya Rp25 ribu per malam sehingga banyak dipilih orang untuk menginap," jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar