Locations of visitors to this page HBA: MONYET TERANEH YANG MUNGKIN BELUM PERNAH ANDA LIHAT

HASAN BASRI AGUS DAN FACHRORI

HASAN BASRI AGUS DAN FACHRORI
JAMBI TEMPO DOELOE

Selasa, 02 November 2010

MONYET TERANEH YANG MUNGKIN BELUM PERNAH ANDA LIHAT

HBA


Monyet, kera dan manusia adalah hewan primata. Keluarga monyet dan kera dikelompokkan prosimia (binatang hantu), monyet dan kera.
Prosimia termasuk golongan paling tua dari monyet dan kera. Hidup jutaan tahun berselang. Ciri khas prosimia adalah mempunyai ukuran yang lebih kecil dari kebanyakan kera dan monyet, dan mempunyai mata yang besar. Yang termasuk prosimia seperti Kukang, Poto, cecurut pohon, lemur, galago, dan maki mempunyai ekor belang-belang.
Kebanyakan prosimia mencari makan di malam hari dan tidur di siang hari. Makanannya adalah serangga. Kukang misalnya, dengan mata yang besar dia menapak selangkah demi selangkah dengan gerakan yang sangat halus diantas dahan. Ada juga poto yang mempunyai tangan-tangan yang kuat dan bahkan bisa bergelantungan terbaik.

Maki termasuk jenis lemur. Hewan ini banyak berada di atas tanah dari pada di pohon. Ekornya belang-belang dan akan diangkatnya tinggi-tinggi kalau mereka merasa terancam dan mereka juga mengeluarkan bau yang khas.
MONYET

Monyet menyebar di seluruh benua, dari benua Amerika, Asia dan Afrika. Jenis-jenis monyet ada beragam, tetapi ciri yang menonjol adalah, tubuhnya yang ramping, dengan ekor yang panjang. Beberapa jenis monyet seperti Monyet Bajing, Durukuli, Kelawat, Wakari, Monyet labah-labah dan Monyet Raung. Masih banyak jenis monyet lainnya yang belum bisa disebutkan.

Monyet Raung adalah monyet yang paling berisik. Si jantan mengeluarkan suara yang lebih rendah di banding dengan si betina yang bisa menggonggong seperti anjing. Monyet labah-labah mempunyai ekor panjang yang sangat kuat untuk bergantung dan menopang seluruh tubuhnya. Ini mirip tangan tambahan bagi nya.

Ada juga monyet Kelawat yang berwajah murung dan berbulu lebat. Kalau sedang tidur hewan ini mirip onggongkan daun kering. Jenis monyet lainnya Wakari, mempunyai wajah merah, dan kepala botak. Monyet menyusui anak-anaknya dan suka hidup berkelompok, Biasanya hanya ada satu monyet jantan sebagai pemimpin kelompok. Monyet biasanya makan buah atau daun-daunan. Suka bergelantungan dari dahan ke dahan.

KERA

Beberapa jenis kera seperti Babon, Gorila, Simpanse, Gibon dan orang hutan. Mereka suka hidup berkelompok, dengan satu jantan sebagai pemimpinnya.
Kera biasanya buas, dan bisa menyerang binatang buas lainnya. Sekelompok Babun kadang menyerang harimau dan hewan lainnya.

Simpanse, adalah kera yang paling cerdas, kecerdasan otaknya bisa di samakan dengan anak berusia 3 tahun. Simpanse bisa diajak berkomunikasi karena kecerdasannya. Simpanse hidup ditanah, akan tetapi kalau mau tidur baru memanjat pohon. Simpan
se dapat membuat tempat tidur dari daun-daunan. Hidup bergerombol sampai 8 ekor.
ORANG UTAN

Orang Utan termasuk binatang langka, hanya terdapat sedikit sekali dan hampir punah di hutan Sumatra dan kalimantan. Tangannya lebih panjang dari kaki nya dan kalau berjalan suka berayun-ayun. Orang Utan suka sekali makan durian, dan daun-daun lainnya, mereka adalah kera yang paling besar setelah gorila.

Gorila adalah kera yang paling buas dan paling besar diantara primata lainnya. Hidup berkelompok dengan satu pejantan sebagai pemimpinnya. Kadang kala gorila mati karena perkelahian yang terjadi diantara kelompok.

Gorila jantan sangat lebut kepada anak-anaknya tetapi sangat garang terhadap lawan-lawannya. Sering kali gorila memukul-mukul dadanya untuk menakut-nakuti musuhnya.
Tidak seperti kera lainya yang suka memanjat dan tidur di pohon. Gorila banyak menghabiskan waktu di tanah, mungkin karena badannya yang terlalu besar dan berat untuk memanjat.

Di balik penampakannya yang menyeramkan dan buas, sebenarnya Gorila adalah binatang yang lembut dan pemalu.









Tentunya, Anda tak menyangka terdapat jenis kera yang belum terdata. Anda akan berdecak kagum dengan temuan para peneliti satwa, Selasa (7/7). Mereka telah menemukan sebuah sub-spesies kera di bagian terpencil hutan hujan Amazon, Brasil. Satwa mini tersebut berwarna abu-abu dan coklat. Bobotnya hanya 213 gram karena hanya berukuran 24 centimeter dengan tinggi 32 cm. Temuan terebut telah dinamakan mura saddleback tamarin. Nama tersebut, terkait dengan lokasi penemuan yang dihuni oleh suku Mura India. “Penemuan kera baru ini menunjukkan bahwa hari ini masih ada satwa liar yang belum terdata,” kata Fabio Rohe, pemimpin tim dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Wildlife Conservation Society.
Kera yang sejenis dengan kera tersebut ditemukan pertama kali oleh para ilmuwan pada 2007 di Brasil. Satwa itu menurut peneliti masih berhubungan dekat dengan kera jenis saddleback tamarin.
0
Semua orang pasti pernah melihat monyet dalam hidupnya entah melalui foto maupun melihatnya langsung. Bahkan sekarang ini mulai ngetren orang-orang memelihara monyet di rumah nya.
Akan tetapi foto-foto monyet dibawah ini benar-benar aneh dan bisa dijamin pasti ini adalah pertama kali anda melihatnya.

Monyet Saki
monyet aneh

saki monkey

Monyet Proboscis

Makhluk aneh berbentuk monyet
monyet berbentuk manusia

Monyet botak
shaved monkey

monyet kegemukan


Monyet Mandrill


Yang terakhir biasanya yg palilng jelek atau paling bagus, terserah penilaian anda
moneyt teraneh di dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar