Locations of visitors to this page HBA: CAMERON DIAZ SELEBRITIS PALING BERBAHAYA

HASAN BASRI AGUS DAN FACHRORI

HASAN BASRI AGUS DAN FACHRORI
JAMBI TEMPO DOELOE

Selasa, 02 November 2010

CAMERON DIAZ SELEBRITIS PALING BERBAHAYA

HBA





JAKARTA,
Kalau Anda penggemar bintang film Cameron Diaz berhati-hatilah saat berselancar di internet. Namanya, termasuk dalam daftar kata kunci paling berbahaya karena sering dipakai untuk menjebak dan menyusupkan program berbahaya alias malware (malicious software).

Perusahaan antivirus McAfee menempatkan Cameron Diaz di posisi teratas di dalam daftar pesohor paling berbahaya dalam layanan pencarian online. Selebriti berikutnya adalah Julia Roberts. Jessica Biel yang tahun lalu menempati posisi pertama merosot ke posisi ketiga.

Hasil pemantauan menunjukkan satu dari 10 halaman web hasil pencarian yang menampilkan bintang "Knight and Day" itu berisi malware yang berpotensi mencuri data pengguna. Laporan tersebut dirilis McAfee, Kamis (19/8/2010).

Para pencipta program jahat memang sering memanfaatkan nama selebriti sebagai umpan untuk menjebak korbannya karena popularitas nama tersebut. Mereka berharap besar peluang untuk menipu pengguna internet yang lengah mengeklik dan mengunduh isi web yang kelihatannya tak berbahaya.

"Padahal apa yang diunduh berisi program yang dirancang untuk mencuri kata kunci dan informasi lain pribadi untuk mencari keuntungan," kata Dave Marcus, Direktur Penelitian Keamanan di McAfee Labs.

Teknik tersebut efektif karena menggunakan rekayasa sosial berdasarkan minta sebagian besar pengguna internet. Sangat sering seorang penjahat di dunia maya akan memanfaatkan Twitter, atau mengikuti Google Trends, untuk merancang jebakan tersebut. Para penjahat dunia maya juga selalu menguabh jebakan sesuai berdasarkan berita yang sedang hangat dibicarakan.

Supermodel Gisele Bundchen menjadi yang keempat di dalam daftar tersebut, lalu diikuti oleh Brad Pitt, salah satu dua pria yang didaftar di posisi 10 teratas. Brad Pitt berdasarkan sejarah adalah salah satu pesohor paling berbahaya untuk dicari karena selalu ada di daftar tersebut. Mantan model Victoria's Secret Adriana Lima berada di posisi keenam, dan diikuti oleh Jennifer Love-Hewitt serta Nicole Kidman, yang bertengger di posisi ketujuh. Tom Cruise mengisi tempat kedelapan, dan Heidi Klum serta Penelope Cruz menduduki posisi kesembilan. Anna Paquin, bintang serial laris di televisi "True Blood", menutup peringkat dengan mengunci posisi ke-10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar